Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

 

10 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Tak Hanya Bruce Willis, 5 Selebritas Hollywood Ini Juga Mengidap Afasia

Ahad 03 Apr 2022 13:39 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah

Aktor Bruce Willis mengidap afasia yang diumumkan oleh keluarganya belum lama ini.

Aktor Bruce Willis mengidap afasia yang diumumkan oleh keluarganya belum lama ini.

Foto: EPA
Sharon Stone hingga Emilia Clarke juga mengidap penyakit afasia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Bruce Willis mengidap afasia yang diumumkan oleh keluarganya belum lama ini. Afasia yang diderita bintang Die Hard itu memengaruhi kemampuan kognitifnya. Masalah kesehatannya itu membuatnya harus mengambil keputusan sulit untuk pensiun dari dunia akting.

 

“Sebagai akibat dari masalah kesehatan ini dan dengan banyak pertimbangan, Bruce memutuskan berhenti dari karier yang sangat berarti baginya,” ungkap sang istri, Emma Heming Willis.

Baca Juga

Namun, afasia ternyata tidak hanya diderita Willis. Dilansir dari People, Ahad (3/4/2022), ada lima selebritas lain yang juga mengidap afasia. Berikut daftarnya.

1. Sharon Stone

Pada 2001, bintang Basic Instinct itu dilarikan ke rumah sakit karena stroke, yang menyebabkan pendarahan otak besar. Stone alami pendarahan selama sembilan hari, dan kemudian menghabiskan dua tahun berikutnya untuk belajar berjalan dan berbicara lagi, di mana keduanya itu merupakan gejala afasia.

“Saya pulang dari gagap stroke, tidak bisa membaca selama dua tahun. Ini adalah perjalanan yang paling berat. Saya berada di “Law & Order”, dan saya mengalami kesulitan dengan dialog saya. Saya dapat membicarakannya sekarang karena saya baik-baik saja sekarang. Saya merasa sangat senang bisa berbicara dan memiliki kosakata lengkap saya,” ujar dia.

 

2. Emilia Clarke

Setelah menyelesaikan syuting pada musim pertama “Game of Thrones” pada tahun 2011, Clarke mengalami aneurisma yang menyebabkan stroke dan pendarahan subarachnoid. Hal itu mengharuskannya untuk operasi otak, dan dua pekan kemudian, dia tidak bisa mengingat namanya.

“Saya menderita kondisi yang disebut afasia, akibat trauma yang diderita otak saya. Di saat-saat terburuk saya, saya ingin berhenti. Saya meminta staf medis untuk membiarkan saya mati. Pekerjaan saya (seluruh impiannya) berpusat pada bahasa dan komunikasi. Tanpa itu, saya tersesat,” katanya dalam esai untuk The New Yorker di 2019.

Untungnya bagi Clarke, afasianya bersifat sementara. Ia sempat kembali ke ICU dan setelah sekitar sepekan, afasia itu hilang. Ia bisa berbicara lagi. Dan pada l 2013, Clarke menjalani operasi kedua untuk mengatasi aneurisma yang kambuh. Meskipun operasi itu traumatis dan alami komplikasi, aktris itu sekarang sembuh dan baik-baik saja.

 

3. Gabby Giffords

Sebagai anggota House of Representatives yang melayani Arizona, Giffords pernah ditembak di kepala dalam percobaan pembunuhan pada 2011 dan ia selamat, meskipun dia memiliki jalan yang sulit untuk pemulihan. Setelah beberapa operasi dan berbulan-bulan di rumah sakit, Giffords semakin kuat setiap tahun, dan terus berjuang dengan afasia.

“Afasia benar-benar menyebalkan. Kata-kata itu ada di otak saya, tapi saya tidak bisa mengeluarkannya. Saya suka bicara. Saya adalah Gabby,” katanya kepada PBS News Hour pada 2021.

Seiring dengan terapi wicara, Giffords telah menemukan bahwa bermain musik (khususnya French horn, instrumen yang pertama kali ia gunakan pada usia 13 tahun) telah membuat perubahan. Dia sekarang bermain musik lima hari sepekan.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile