6 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan: Sehatkan Jantung Hingga Turunkan Gula Darah

Red: Reiny Dwinanda

Senin 04 Apr 2022 15:28 WIB

Sakit jantung (ilustrasi). Berpuasa dapat menyehatkan jantung. Dengan berpuasa, kadar kolesterol baik dalam tubuh meningkat hingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Foto: www.freepik.com. Sakit jantung (ilustrasi). Berpuasa dapat menyehatkan jantung. Dengan berpuasa, kadar kolesterol baik dalam tubuh meningkat hingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dokter Spesialis Jantung RSUD Kota Depok, Jawa Barat, Melyana, mengatakan, berpuasa mempunyai efek yang baik bagi kesehatan. Setidaknya, enam manfaat yang bisa diperoleh bagi kesehatan tubuh dengan berpuasa.

"Berpuasa menyehatkan jantung, membantu detoksifikasi, menjaga berat badan, meningkatkan imun, menurunkan gula darah, dan meningkatkan fungsi otak," jelas dr Melyana di Depok, Senin (4/4/2022).

Baca Juga

Dr Melyana menjelaskan, puasa dapat menyehatkan jantung, karena dengan berpuasa kadar kolesterol baik dalam tubuh meningkat. Kondisi ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Puasa juga dapat membantu proses detoksifikasi, karena tubuh akan memakan cadangan lemak dengan cara membakarnya bersama racun dalam tubuh. Tidak hanya itu, puasa juga dapat menjaga berat badan, karena merupakan diet yang dapat membersihkan usus dari endapan makanan yang dapat menjadi lemak.

"Saat puasa limfosit dalam tubuh akan meningkat, sehingga kekebalan tubuh juga meningkat, jadi tidak mudah diserang penyakit. Berpuasa juga dapat menurunkan gula darah hingga 30 persen dan dapat meningkatkan fungsi otak," katanya saat webinar bertajuk "Tips Sehat Selama Puasa pada Masa Pandemi" yang digagas Satgas Covid-19 Kota Depok, Jawa Barat.

Terpopuler