Bulog Cirebon Serap 540 Ton Beras Petani Saat Panen Raya

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi

Pekerja memanggul karung berisi beras di gudang Bulog (ilustrasi). Perum Bulog Cirebon, Jawa Barat, menyerap 540 ton setara beras milik petani saat panen raya di wilayah kerjanya.
Pekerja memanggul karung berisi beras di gudang Bulog (ilustrasi). Perum Bulog Cirebon, Jawa Barat, menyerap 540 ton setara beras milik petani saat panen raya di wilayah kerjanya. | Foto: Antara/Muhammad Arif Pribadi

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Perum Bulog Cirebon, Jawa Barat, menyerap 540 ton setara beras milik petani saat panen raya di wilayah kerjanya. Serapan beras petani ini diharapkan bisa membantu meningkatkan harga jual petani.

"Kita sudah mulai menyerap gabah petani, terutama pada masa panen raya," kata Kepala Pimpinan Kantor Cabang Bulog Cirebon Budi Sultika di Cirebon, Jabar, Selasa (5/4/2022).

Baca Juga

Menurutnya, pada masa panen raya, Bulog Cirebon terus melakukan pemantauan harga di tingkat petani. Jika harga sudah di bawah harga pembelian pemerintah (HPP), pihaknya mulai melakukan intervensi dengan penyerapan.

"(Penyerapan yang dilakukan) lebih diarahkan untuk proteksi harga jatuh," kata dia.

Budi menambahkan jumlah penyerapan tersebut terus akan bertambah seiring mulai bertambahnya lokasi panen di wilayah Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Cirebon. Ia memastikan Bulog Cirebon membeli gabah petani mengacu kepada Peraturan Menteri Perdagangan No 24 Tahun 2020 mengenai penetapan harga pembelian pemerintah (HPP) untuk gabah atau beras.

Sesuai beleid itu harga pengadaan gabah kering panen (GKP) yaitu Rp 4.200/kg, gabah kering giling (GKG) Rp 5.300/kg, dan beras medium Rp 8.300/kg di pintu gudang Perum Bulog. "Harga tersebut sesuai spesifikasi yang tercantum pada permendag sebagaimana disebutkan," ujar dia.

 

Terkait


Bulog NTB Ajak Takmir Masjid Kembangkan Baitul Pangan

Harga Gabah dan Beras Turun, Kementan: Semua Harus Siaga

Musim Panen, Harga Gabah-Beras Kompak Turun Selama Maret 2022

Rumah Zakat Jadikan Panen Raya Tetap Sukses saat Pupuk Langka

Bulog Sulteng: Distribusi Minyak Goreng Curah Terhambat di Produsen

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image
Light Dark