Rabu 06 Apr 2022 00:25 WIB

Safron Bisa Bantu Turunkan Kadar Gula Darah Pengidap Diabetes, Aturan Konsumsinya?

Konsumsi safron dapat membantu menurunkan kadar gula darah diabetesi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Penjual safron di Afghanistan. Safron terkenal sebagai rempah yang memiliki khasiat menurunkan kadar gula darah.
Foto: EPA-EFE/JALIL REZAYEE
Penjual safron di Afghanistan. Safron terkenal sebagai rempah yang memiliki khasiat menurunkan kadar gula darah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kadar gula darah yang tinggi dan tak terkontrol pada penyandang diabetes tipe 2 bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai komplikasi serius. Konsumsi safron memiliki potensi untuk membantu para pengidap diabetes menurunkan kadar gula darah mereka.

Safron telah lama dikenal sebagai rempah yang memiliki efek menurunkan kadar gula darah. Rempah ini berasal dari bunga Crocus sativus yang dikenal juga dengan nama safron crocus.

Baca Juga

Sebuah studi dalam Journal of Research in Medical Sciences dilakukan untuk membuktikan manfaat konsumsi ekstrak safron terhadap kadar gula darah pengidap diabetes tipe 2. Studi ini melibatkan 54 pasien diabetes tipe 2 yang secara acak dibagi ke dalam dua kelompok.

 

Salah satu kelompok mengonsumsi kapsul ekstrak safron, sedangkan kelompok lainnya diberikan kapsul plasebo. Seluruh partisipan diminta untuk mengonsumsi kapsul yang mereka dapatkan dua kali sehari, pada pagi dan malam selama delapan pekan.

Selama studi berlangsung, tim peneliti melakukan pengukuran terhadap berbagai parameter. Salah satu di antaranya adalah kadar gula darah puasa para partisipan.

Hasil studi menunjukkan bahwa semua parameter dari kedua kelompok tampak menunjukkan hasil yang sama kecuali kadar gula darah puasa. Tim peneliti mengungkapkan bahwa kadar gula darah puasa pada kelompok yang mengonsumsi kapsul ekstrak safron secara signifikan lebih rendah dibandingkan kelompok yang hanya mengonsumsi kapsul plasebo.

"Ekstrak hidroalkohol safron dapat memperbaiki kontrol kadar glukosa dengan menurunkan kadar gula darah puasa pada pasien diabetes tipe 2," jelas tim peneliti, seperti dilansir Express, Selasa (5/4/2022).

Akan tetapi, ekstrak safron tidak memiliki efek signifikan pada aspek kontrol diabetes lain pada pasien diabetes. Kiat lain yang bisa dilakukan untuk membantu mengontrol kadar gula darah penyandang diabetes adalah segelas air putih. Minum segelas air putih ternyata memiliki efek menurunkan kadar gula darah.

"Ketika kadar gula darah Anda tinggi, tubuh Anda akan berusaha untuk membuang kelebihan gula dari darah melalui urine," jelas Diabetes.co.uk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement