Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

15 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Rosemary, Rempah Kaya Polifenol yang Baik Bagi Otak

Rabu 06 Apr 2022 05:48 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Kandungan polifenol di dalam rosemary juga membuatnya memiliki aroma khas.

Kandungan polifenol di dalam rosemary juga membuatnya memiliki aroma khas.

Foto: pixabay
Kandungan polifenol di dalam rosemary juga membuatnya memiliki aroma khas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rosemary merupakan rempah yang cukup umum digunakan dalam berbagai sajian, khususnya yang menggunakan daging ayam, domba, hingga steak. Di samping dapat meningkatkan cita rasa masakan, rosemary ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan otak.

Menurut penulis di bidang kesehatan dan wellness, Max Lugavere, mengatakan manfaat kesehatan otak tersebut berasal dari kandungan polifenol dalam rosemary. Kandungan ini jugalah yang memberikan aroma khas pada rempah, termasuk rosemary.

Baca Juga

"Secara umum, kapan pun ada kesempatan untuk menggunakan rempah di dapur, itu merupakan kesempatan yang patut diambil," ungkap Lugavere dalam siaran podcast mindbodygreen, seperti dilansir MBG, Rabu (6/4/2022).

Terkait kesehatan otak, rosemary diketahui dapat menunjang daya ingat, mendorong pikiran yang jernih, dan meningkatkan performa mental. Manfaat ini diyakini berkaitan dengan kandungan polifenol apigenin di dalam rosemary. Polifenol apigenin dikenal dapat memperkuat hubungan sinaps di dalam otak atau cara neuron berkomunikasi satu sama lain.

Manfaat dari rosemary ini bisa didapatkan dengan cara menggunakannya di dalam berbagai sajian masakan. Salah satunya adalah dalam sajian pancake labu madu. Berikut ini adalah resep untuk membuat pancake labu madu ala MBG.

Bahan Pancake Labu Madu

1 buah labu madu berukuran kecil

2 cangkir tepung self raising atau tepung yang sudah mengandung bahan pengembang

1 1/2 cangkir susu full cream

2 butir telur

1 cangkir keju parmesan

1 1/2 sdt rosemary

Mentega

Sirup maple

Minyak zaitun

Garam dan lada

 

Cara Membuat Pancake Labu Madu

1. Panaskan oven di suhu 400 derajat Fahrenheit atau 204,4 derajat Celsius.

2. Potong labu madu, lalu letakkan labu madu tersebut di atas loyang.

3. Oleskan minyak zaitun di atas permukaan labu madu yang sudah dipotong, taburkan garam dan lada secukupnya, lalu panggang labu madu di dalam oven selama 50 menit.

4. Setelah labu madu menjadi lembut, keluarkan dari oven. Masukkan labu madu ke dalam mangkuk besar dan tumbuk hingga halus. Tambahkan tepung self raising yang sudah disaring dan aduk keduanya hingga tercampur rata. Selanjutnya, tambahkan susu full cream secara perlahan sampai semua bahan menyatu. Konsistensi adonan ini mungkin tidak rada, tidak perlu khawatir.

5. Tambahkan telur, parmesan, dan rosemary yang sudah dicincang ke dalam wadah berisi adonan labu madu. Tambahkan juga garam dan lada secukupnya, lalu aduk hingga rata. Adonan seharusnya memiliki konsistensi yang kental. Bila belum mencapai konsistensi tersebut, bisa tambah sedikit tepung.

6. Panaskan wajan datar atau pancake pan dan masukkan mentega secukupnya.

7. Tuangkan dua sendok sayur adonan pancake labu madu ke dalam wajan, masak selama 3-4 menit pada tiap sisi, ulangi hingga seluruh adonan dimasak.

8. Pancake labu madu yang sudah masak bisa disusun bertumpuk. Tuangkan sirup maple dan taburkan parmesan di atasnya. Pancake labu madu siap disantap.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile