Hal Paling Menantang Selama Ramadhan tidak Minum Kopi

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko

Kamis 07 Apr 2022 04:20 WIB

Kopi (ilustrasi) Foto: Pixabay Kopi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YELLOWKNIFE -- Seorang Muslim di Yellowknife Kanada menceritakan bagaimana dia melalui Ramadhan, bulan suci bagi umat Islam. Adalah Yusur Al-Bahrani, Muslim Kanada yang merindukan saat-saat berpuasa dari terbit hingga terbenamnya matahari sepanjang siang hari di Yellowknife.

"Hal yang paling menantang tentang Ramadhan adalah tidak minum kopi," katanya sambil tertawa, seperti dilansir CBC, Rabu (6/4/2022).

Baca Juga

Al-Bahrani mengatakan, selama Ramadhan dia minum dua gelas espresso sebelum Subuh, tetapi kemudian harus menjalani sisa hari itu tanpa kopi. Namun dia merasakan bagaimana Ramadhan merupakan bulan transformasi spiritual bagi dirinya. "Karena ada begitu banyak elemen Ramadhan," tuturnya.

Al-Bahrani telah tinggal di Yellowknife selama empat tahun dan mengatakan setiap Ramadhan sebelumnya dia akan mengikuti jadwal waktu selatan, tetapi tahun ini akan mencoba waktu setempat. Dia menuturkan, Ramadhannya tidak terlalu menyenangkan karena keluarganya tidak tinggal di kota dan dia lebih sering merayakannya sendirian.