Rabu 06 Apr 2022 20:06 WIB

Mengapa Ada Tradisi Tumpengan? Ini Penjelasan Gus Muwafiq   

Tradisi tumpengan merupakan bentuk akulturasi Islam dan budaya lokal

Gus Muwafiq menjelaskan tradisi tumpengan merupakan bentuk akulturasi Islam dan budaya lokal
Foto: Republika/ Nashih Nashrullah
Gus Muwafiq menjelaskan tradisi tumpengan merupakan bentuk akulturasi Islam dan budaya lokal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Salah satu ulama Nahdlatul Ulama (NU), KH Ahmad Muwafiq atau disapa Gus Muwafiq menjelaskan makna filosofis keagamaan tentang budaya tumpengan dan sedekah bumi.

"Islam itu tidak berbicara memandang sedekah bumi, lebih kepada apa yang ada dalam sedekah bumi dan tumpengan," ujar Gus Muwafiq saat mengisi program Inspirasi Ramadhan Edisi Buka Puasa bersama Host Nico Siahaan di akun Youtube BKN PDI Perjuangan, seperti dikutip dalam siaran persnya, Rabu (6/4/2022).

Baca Juga

Tradisi tumpengan itu, lanjut dia, adalah upaya nenek moyang agar bisa makan bersama. "Makanya nasi ini ditumpuk, ngumpul bareng makan bareng, ayam juga cuma satu, ingkung terus nanti ditarik bareng-bareng," imbuhnya.

Riuh rendah pembahasan tradisi dan budaya lokal yang dihadapkan dengan syariat islam itu juga dijawab dengan candaan. Seolah hal tersebut sebenarnya tidak patut diperdebatkan, namun hanya perlu dipahami dan dihayati saja.

"Kalau zakat budayanya juga dipakai, masyarakat sana (Arab) zakatnya gandum karena budaya makannya gandum, kalo di sini zakatnya beras karena budaya makannya nasi, nah ini bedanya," jelas mantan asisten pribadi KH Abdurachman Wahid atau Gus Dur ini.

Namun masalahnya, ada orang-orang yang tidak mau memahami ini karena dia punya merk yang lain lagi. "Sebenarnya sih gitu-gitu aja, itu kan problem market, manusiawi," candanya.

Sama halnya dengan sedekah laut. Konteksnya, kata Gus Muwafiq, adalah wujud syukur kepada lautan. Para nelayan ingin bersyukur kepada makhluk-makhluk yang ada di dalam laut seperti ikan, lumba-lumba, terumbu karang dan sebagainya.

"Cuma, yang nggak tahu, dikira kasih makan ratu kidul atau apa. Itu kasih makan ikan saja yang di laut itu. Masa dikasih makan popok bayi, sampah, selama ini kan kita kasih makan laut bungkus plastik, sampah, bungkus popok. Maksud saya, yang tidak pernah bergerak di wilayah itu nggak usah ngomong, kalau Anda mau ngomong harus berada di situ, agar tahu," tuturnya.

Pangkal masalah ini adalah soal pemahaman dan kontekstualisasi dengan zaman yang terus bergerak sehingga tidak bisa ada hal-hal yang dipaksakan dari zaman Rasulullah SAW, utamanya terkait budaya Arab, lalu ditransfer begitu saja di Indonesia, atau belahan bumi lain, khususnya para penganut agama Islam.

"Saya dulu belajar tentang ilmu telepati, puasa berhari-hari, tapi sekarang saya juga harus tahu diri, karena dengan Rp15 ribu kita pergi ke konter bisa beli kuota, ini zaman berubah," ucap Gus Muwafiq.    

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَقَدْ اَرْسَلْنَا رُسُلًا مِّنْ قَبْلِكَ مِنْهُمْ مَّنْ قَصَصْنَا عَلَيْكَ وَمِنْهُمْ مَّنْ لَّمْ نَقْصُصْ عَلَيْكَ ۗوَمَا كَانَ لِرَسُوْلٍ اَنْ يَّأْتِيَ بِاٰيَةٍ اِلَّا بِاِذْنِ اللّٰهِ ۚفَاِذَا جَاۤءَ اَمْرُ اللّٰهِ قُضِيَ بِالْحَقِّ وَخَسِرَ هُنَالِكَ الْمُبْطِلُوْنَ ࣖ
Dan sungguh, Kami telah mengutus beberapa rasul sebelum engkau (Muhammad), di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antaranya ada (pula) yang tidak Kami ceritakan kepadamu. Tidak ada seorang rasul membawa suatu mukjizat, kecuali seizin Allah. Maka apabila telah datang perintah Allah, (untuk semua perkara) diputuskan dengan adil. Dan ketika itu rugilah orang-orang yang berpegang kepada yang batil.

(QS. Gafir ayat 78)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement