Rabu 06 Apr 2022 23:20 WIB

Mengapa Tangerang dan Bekasi Rawan Banjir? Ini Kata Pakar Geologi

Banjir rawan menghampiri wilayah satelit Jakarta seperti Tangerang dan Bekasi

Rep: Rr Laeny Sulistyawati / Red: Nashih Nashrullah
Foto udara sejumlah rumah tergenang banjir di Pondok Gede Permai, Bekasi, Jawa Barat. Banjir rawan menghampiri wilayah satelit Jakarta seperti Tangerang dan Bekasi
Foto: Antara/Fakhri Hermansyah
Foto udara sejumlah rumah tergenang banjir di Pondok Gede Permai, Bekasi, Jawa Barat. Banjir rawan menghampiri wilayah satelit Jakarta seperti Tangerang dan Bekasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bencana banjir yang terjadi di area sekitar Jakarta yaitu Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dan Kota Tangerang, Banten, karena debit sungai yang tak mampu menampung air. Apalagi, daerah aliran sungai (DAS) dua daerah ini sudah berubah.

“Banjir terjadi akibat daya tampung debit sungai tidak mampu menampung  air permukaan dan sungai karena DAS nya sudah berubah atau berkurang vegetasi dan tanah untuk meresapkan," ujar Ketua Umum Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Burhanuddin Nur saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (6/4/2022).

Baca Juga

Dia menambahkan, perubahan DAS ini akibat perubahan tata guna lahan yang terus terjadi. Sayangnya, dia melanjutkan, saat ini Indonesia tidak punya catatan yang baik yg bisa memberi gambaran dalam suatu DAS nya.

"Yang mudah kita amati adalah perubahan fungsi lahannya telah menjadi kawasan permukiman dengan sarana pendukungnya," katanya.

Sebelumnya, masyarakat pada enam kecamatan di Kota Tangerang, Banten, terdampak banjir pada Selasa (5/4/2022). 

"Perkembangan terkini pada hari ini, Rabu (6/4), genangan banjir mulai surut. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang masih melakukan upaya penanganan darurat di lapangan, di antaranya penyedotan genangan di Jalan Raya dan sekitaran flyover Tiptop, Taman Cibodas," ujar Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Rabu (6/4/2022).

Banjir juga menggenangi wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada Selasa (5/4/2022) pukul 17.00 WIB. Dua wilayah tingkat desa di Kecamatan Cibitung terdampak peristiwa tersebut, yaitu Kelurahan Wanasari dan Desa Wanajaya. 

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi melaporkan warga terdampak dan dampak material masih dalam proses pendataan," ujar Muhari.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement