Kamis 07 Apr 2022 17:34 WIB

Ini Sosok Pemimpin Asing Paling Populer di Kalangan Rakyat Indonesia

Orang Indonesia tampaknya sangat menghormati negara-negara Islam.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman. Ini Sosok Pemimpin Asing Paling Populer di Kalangan Rakyat Indonesia
Foto: AP/Amr Nabil
Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman. Ini Sosok Pemimpin Asing Paling Populer di Kalangan Rakyat Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut survei oleh lembaga riset kebijakan luar negeri, Lowy Institute, masyarakat Indonesia paling percaya pada pemimpin Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. Kepercayaan itu dinilai lebih besar dibandingkan dengan semua pemimpin dunia asing. 

 

Baca Juga

Survei itu diterbitkan dengan judul, Memetakan arah mereka sendiri: Bagaimana orang Indonesia melihat dunia pada Senin (4/4/2022). Dikatakan mayoritas orang Indonesia memiliki kepercayaan pada Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman Al Saud (sebanyak 57 persen).

 

Putra Mahkota Abu Dhabi dan Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata UEA Syekh Mohammed bin Zayed berada di tempat kedua dengan 52 persen. Survei tersebut menunjukkan orang Indonesia yang memilih pemimpin Arab Saudi dan Emirat menyatakan tingkat kepercayaan yang tinggi terlepas dari agama yang mereka nyatakan.

 

“Orang Indonesia tampaknya sangat menghormati negara-negara Islam. Arab Saudi berada di puncak dalam ukuran yang disebut 'termometer emosi' yang mengukur persepsi orang Indonesia tentang negara dan wilayah pada skala 0 derajat (perasaan terdingin) hingga 100 derajat (perasaan terhangat)," kata laporan.

 

Arab Saudi menerima pembacaan yang sangat hangat 70 derajat dari orang Indonesia, seperti halnya Uni Emirat Arab di 64 derajat dan wilayah Palestina di 63 derajat. Visi 2030 yang digagas oleh Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman dikenal membuat banyak perubahan, mulai dari segi sosial, ekonomi hingga hukum di negara tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement