Kamis 07 Apr 2022 17:48 WIB

Aqil Savik Manfaatkan Momen Puasa Bersama Keluarga

Savik mengakui bisa berpuasa dengan lebih tenang mengingat sudah tidak ada kompetisi.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Endro Yuwanto
Kiper Persib Bandung, Aqil Savik.
Foto: Republika/Hartifiany Praisra
Kiper Persib Bandung, Aqil Savik.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung meliburkan tim untuk satu bulan ke depan. Ini menjadi kali pertama tim libur Ramadhan ketika pandemi Covid-19 mulai mereda.

Penjaga gawang Persib, Aqil Savik, mengakui bisa berpuasa dengan lebih tenang mengingat sudah tidak ada kompetisi lagi. Liga 1 2021/2022 telah selesai pada 31 Maret lalu.

Baca Juga

"Puasa tahun ini full tanpa pertandingan mungkin bagi Aqil pribadi bisa dimanfaatkan untuk lebih dekat dengan keluarga di rumah," kata Aqil, Kamis (7/4/2022).

Tahun lalu, Persib harus bermain di turnamen Piala Menpora saat bulan Ramadhan. Saat itu, Persib menjadi runner-up Piala Menpora usai dikalahkan Persija Jakarta.

"Tahun ini bisa memanfaatkan momen puasa karena tahun kemarin di awal puasa ada Piala Menpora jadi jauh dengan keluarga dari awal sampai pertengahan puasa," kata Aqil.

Bahkan Aqil akhirnya terpaksa Lebaran di luar negeri karena dipanggil tim nasional Indonesia. Saat itu Aqil bergabung dengan timnas untuk melakukan pemusatan latihan di Dubai.

"Jelang tiga hari dari Lebaran ada pemanggilan timnas ke Dubai. Jadi puasa tahun lalu sangat berat karena jauh dari keluarga dari munggahan sampai Lebaran," jelas Aqil. "Mungkin sekarang lebih dimanfaatkan ya, Alhamdulillah."

Kini Persib diliburkan selama satu bulan dan tidak ada pertandingan selama Ramadhan. Namun Aqil tetap menjaga kondisi dengan melakukan latihan. "Rutinitas puasa tentunya masih latihan, Aqil pasti jaga, setiap sore atau malam setelah buka," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement