Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

 

29 Safar 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Puluhan Rumah di Bangka Rusak Diterjang Puting Beliung

Kamis 07 Apr 2022 15:45 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Nora Azizah

Sebanyak 23 rumah di Bangka rusak akibat diterjang angin puting beliung.

Sebanyak 23 rumah di Bangka rusak akibat diterjang angin puting beliung.

Foto: Antara/Anis Efizudin
Sebanyak 23 rumah di Bangka rusak akibat diterjang angin puting beliung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 23 unit rumah di Kabupaten Bangka, Bangka Belitung, mengalami rusak ringan akibat diterjang angin puting beliung pada Rabu (6/4/2022). Peristiwa tersebut terjadi pascahujan dengan intensitas tinggi yang disertai angin kencang yang melanda kawasan tersebut. 

 

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka Belitung mencatat, hingga Kamis (7/4) 23 unit rumah rusak berada di Desa Cit Kecamatan Riau Silip, selain itu juga berdampak pada 23 kepala keluarga / 77 jiwa warga yang tinggal di desa tersebut," ujar Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (7/4/2022).

Baca Juga

Pascakejadian, dia melanjutkan, BPBD Provinsi Bangka Belitung, BPBD Kabupaten Bangka dan tim gabungan langsung menuju lokasi untuk melakukan pendataan, memasang terpal dan melakukan pembersihan sisa material rumah warga yang terdampak. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada pagi, dan siang hari di wilayah Kabupaten Bangka, Kota Pangkalpinang dan Bangka Tengah pada Jumat (8/4) dan Sabtu (9/4). 

Menanggapi potensi tersebut, dia menambahkan, BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan akan ancaman bencana yang disebabkan oleh cuaca ekstrim seperti angin puting beliung maupun angin kencang.

"Caranya dengan berlindung di bangunan yang kokoh dan menghindar dari bangunan dan pohon yang rapuh serta menghindari berlindung di dekat papan reklame," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile