Jumat 08 Apr 2022 16:13 WIB

Ustadz Yusuf Mansur: Baca Al Kahfi Tiap Jumat, Hidup Diberi Cahaya Allah SWT

Menurutnya, Allah SWT akan menerangi hidup seseorang yang konsisten membaca Al Kahfi.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Ustadz Yusuf Mansur: Baca Al Kahfi Tiap Jumat, Hidup Diberi Cahaya Allah SWT
Foto: Dok PPPA Daarul Quran.
Ustadz Yusuf Mansur: Baca Al Kahfi Tiap Jumat, Hidup Diberi Cahaya Allah SWT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendakwah kondang Ustadz Yusuf Mansur (UYM) menganjurkan umat Islam membaca surat Al Kahfi setiap Jumat karena besarnya keutamaannya. Menurutnya, Allah SWT akan menerangi hidup seseorang yang konsisten mengamalkan amalan ini setiap Jumat.

"Istiqamahin baca Al Kahfi setiap Jumat. Dari Jumat ke Jumat, bakal penuh dengan cahaya Allah, hidup dan urusan bakal terang, insya Allah," tulis pengasuh Darul Quran tersebut di akun Instagram pribadinya, Jumat (8/4/2022).

Baca Juga

"Ibarat nyari apa-apa di kamar yang gelap, pekat, nggak ada cahaya sedikitpun, maka nggak bakal nemu apa-apa. Kejedat kejedot, iya. Kepentak-kepentok," tambahnya.

Membaca Al Kahfi di hari Jumat disebutnya sebagai salah satu amalan untuk menerangi hidup seseorang. Cahaya Allah SWT, baik di kehidupan dunia atau akhirat akan diberikan kepada siapapun yang istiqamah mengamalkan amalan ini.

"Terutama orang-orang kayak saya. Yang gelap dengan dosa dan maksiat, dengan keburukan dan kesalahan. Dengan kelupaan diri dan kedurhakaan. Penting banget jadi baca Al Kahfi. Perlu banget cahaya dari Allah. Apalagi cahaya di sakaratul maut, di alam kubur, di hari berbangkit, di hari hisab," ujarnya.

Meski begitu, UYM, sapaan akrabnya, berharap agar umat juga menghayati dan mengkaji kandungan Al Kahfi. Dia menyarankan untuk menyempatkan beberapa saat untuk melakukan amalan ini setiap hari Jumat.

Anjuran UYM ini sesuai dengan hadist Rasulullah SAW berikut:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Artinya: “Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement