Sunday, 9 Muharram 1444 / 07 August 2022

Sunday, 9 Muharram 1444 / 07 August 2022

9 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Ustadz Yusuf Mansur: Baca Al Kahfi Tiap Jumat, Hidup Diberi Cahaya Allah SWT

Jumat 08 Apr 2022 09:13 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

Ustadz Yusuf Mansur: Baca Al Kahfi Tiap Jumat, Hidup Diberi Cahaya Allah SWT

Ustadz Yusuf Mansur: Baca Al Kahfi Tiap Jumat, Hidup Diberi Cahaya Allah SWT

Foto: Dok PPPA Daarul Quran.
Menurutnya, Allah SWT akan menerangi hidup seseorang yang konsisten membaca Al Kahfi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendakwah kondang Ustadz Yusuf Mansur (UYM) menganjurkan umat Islam membaca surat Al Kahfi setiap Jumat karena besarnya keutamaannya. Menurutnya, Allah SWT akan menerangi hidup seseorang yang konsisten mengamalkan amalan ini setiap Jumat.

"Istiqamahin baca Al Kahfi setiap Jumat. Dari Jumat ke Jumat, bakal penuh dengan cahaya Allah, hidup dan urusan bakal terang, insya Allah," tulis pengasuh Darul Quran tersebut di akun Instagram pribadinya, Jumat (8/4/2022).

Baca Juga

"Ibarat nyari apa-apa di kamar yang gelap, pekat, nggak ada cahaya sedikitpun, maka nggak bakal nemu apa-apa. Kejedat kejedot, iya. Kepentak-kepentok," tambahnya.

Membaca Al Kahfi di hari Jumat disebutnya sebagai salah satu amalan untuk menerangi hidup seseorang. Cahaya Allah SWT, baik di kehidupan dunia atau akhirat akan diberikan kepada siapapun yang istiqamah mengamalkan amalan ini.

"Terutama orang-orang kayak saya. Yang gelap dengan dosa dan maksiat, dengan keburukan dan kesalahan. Dengan kelupaan diri dan kedurhakaan. Penting banget jadi baca Al Kahfi. Perlu banget cahaya dari Allah. Apalagi cahaya di sakaratul maut, di alam kubur, di hari berbangkit, di hari hisab," ujarnya.

Meski begitu, UYM, sapaan akrabnya, berharap agar umat juga menghayati dan mengkaji kandungan Al Kahfi. Dia menyarankan untuk menyempatkan beberapa saat untuk melakukan amalan ini setiap hari Jumat.

Anjuran UYM ini sesuai dengan hadist Rasulullah SAW berikut:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Artinya: “Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile