Jumat 08 Apr 2022 19:31 WIB

Ferrari Tercepat dalam Dua Latihan Pembuka GP Australia

Charles Leclerc mencetak lap terbaik satu menit 18,978 detik di latihan bebas 2.

Red: Israr Itah
Pembalap Ferrari Charles Leclerc dalam sesi latihan bebas GP Australia, Jumat (8/4/2022) di Melbourne.
Foto: EPA-EFE/JAMES ROSS
Pembalap Ferrari Charles Leclerc dalam sesi latihan bebas GP Australia, Jumat (8/4/2022) di Melbourne.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penampilan menjanjikan Ferrari di Formula 1 (F1) musim ini berlanjut saat tim Italia itu mendominasi sesi latihan bebas Grand Prix Australia pada Jumat (8/4/2022). Pemuncak klasemen sementara Charles Leclerc mencetak lap terbaik satu menit 18,978 detik di latihan bebas 2 (FP2) setelah sebelumnya finis kedua di belakang rekan satu timnya Carlos Sainz pada FP1.

Akan tetapi, Red Bull menunjukkan ancamannya akhir pekan ini saat juara bertahan Max Verstappen memisahkan duet Ferrari di sesi latihan kedua setelah finis 0,245 detik di belakang Leclerc. Sang pembalap Belanda finis P4 di sesi latihan pagi.

Baca Juga

Meski demikian, Ferrari kembali dibayangi masalah porpoising. Mobil Leclerc dan Sainz memantul-mantul ketika melaju di tikungan pendek dalam kecepatan tinggi menuju tikungan sembilan dan sepuluh di Sirkuit Albert Park.

"Jumat yang sedikit sulit bagi saya hari ini," kata Leclerc dikutip Reuters. "Kami masih harus berbenah... Kami harus satu langkah ke depan." 

Sementara itu masalah porpoising belum sepenuhnya diatasi juga oleh Mercedes. Mobil W13 yang berwajah baru masih kewalahan menemukan setup yang pas untuk menaklukkan musim kompetisi yang mengalami perombakan peraturan aerodinamika yang besar tahun ini. 

Menyusul hasil mengecewakan di Bahrain dan Arab Saudi, tim Silver Arrow masih jauh tertinggal dari persaingan papan atas saat George Russell hanya mampu finis P11 di sesi kedua, atau 1,2 detik jaraknya dari Leclerc. Rekan satu timnya, juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton finis P13 dan sempat mencium gravel.

"Kami membuat sejumlah perubahan memasuki latihan kedua," kata Hamilton. "Latihan kedua terbukti sedikit sulit bagi saya. Saya tidak tahu, ini mobil yang sulit dikendalikan."

Juara dunia dua kali Fernando Alonso sempat mengejutkan di puncak catatan waktu sebelum finis P4 untuk tim Alpine di FP2, menggungguli pembalap Red Bull Sergio Perez yang melengkapi lima besar. Dua tahun setelah balapan di Australia dibatalkan karena Covid-19, para pembalap berusaha berdaptasi dengan layout baru sirkuit di pinggiran danau kota Melbourne itu yang memiliki tikungan lebih sedikit serta lintasan yang diperlebar untuk memudahkan mobil menyalip.

Kedua sesi latihan sempat terganggu dua bendera merah karena terdapat sejumlah serpihan mobil di lintasan. Juara dunia empat kali Sebastian Vettel, yang melewatkan dua balapan pembuka musim karena positif Covid-19, mendapati latihan yang mengecewakan namun ia tetap mampu menghibur para penggemarnya. Setelah mencatatkan waktu peringkat ke-13 di latihan pertama, mobil Aston Martin Vettel kehilangan tenaga dan mogok di lintasan 15 menit sebelum akhir sesi dengan asap keluar dari bagian belakangnya. 

Sang pembalap Jerman dengan sigap mengambil APAR dari marshal dan menyemprot mobilnya untuk memadamkan api. Dia kemudian mencuri perhatian penonton dengan mengendarai motor skuter di lintasan untuk kembali ke garasi, yang kemudian memicu investigasi dari steward karena dianggap memasuki trek tanpa izin. Vettel tidak turun di sesi latihan kedua karena tim mengonfirmasi bahwa power unit mobilnya harus diganti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement