Sabtu 09 Apr 2022 03:54 WIB

Tuchel tak Lagi Dengar Pendapat Pemain di Rapat Tim Chelsea

Tuchel tak lagi berdiskusi ataupun mendengarkan pendapat dari para pemain Chelsea.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Chelsea Thomas Tuchel.
Foto: AP Photo/Ian Walton
Pelatih Chelsea Thomas Tuchel.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Thomas Tuchel mengubah pendekatannya dalam memimpin Chelsea. Pelatih asal Jerman itu sudah tidak lagi berdiskusi ataupun mendengarkan pendapat dari para pemain dalam rapat tim utama the Blues pascakekalahan memalukan dari Real Madrid.

Ini menjadi langkah yang diambil Tuchel usai raihan mengecewakan the Blues di dua laga terakhir. Setelah dibekap Brentford, 1-4, di lanjutan Liga Primer Inggris, akhir pekan lalu, Chelsea dipermalukan Real Madrid, 1-3, di laga leg pertama babak semifinal Liga Champions, di Stamford Bridge, Kamis (7/4/2022) dini hari WIB.

Baca Juga

Dua kekalahan ini dinilai menjadi titik terendah penampilan juara bertahan Liga Champions tersebut. Ini menjadi kekalahan beruntun yang dialami the Blues sejak September 2021.

Tidak hanya itu, kebobolan total tujuh gol dalam dua laga secara beruntun juga menjadi rekor terburuk Chelsea sejak ditangani oleh Tuchel.

''Rapat tim terakhir, Kamis (7/4/2022) waktu setempat, sudah bukan lagi diskusi. Saya memberikan pandangan diperlukan. Biasanya, kami meminta pendapat dari para pemain. Namun, setelah dua pertandingan terakhir, sangat penting buat kami untuk menekankan pandangan kami,'' ujar Tuchel seperti dilansir Express, Jumat (8/4/2022).

Mantan pelatih Paris Saint Germain (PSG) tersebut menilai, di dua laga terakhir, terutama saat menghadapi Los Blancos, Chelsea kehilangan struktur permainan. Padahal, selama ini aspek tersebut menjadi salah satu kekuatan utama klub asal London Barat tersebut.

Tidak hanya itu, the Blues juga kehilangan ritme saat melancarkan serangan. Kondisinya bertambah parah dengan kurangnya intensitas dan komitmen dari para pemain dalam fase bertahan.

Sederet problem itu menjadi evaluasi terbesar pascapenampilan mengecewakan Chelsea di dua laga terakhir. Kendati begitu, Tuchel menegaskan, ini bukanlah otokritik yang semata-mata ditujukan kepada para pemain.

''Kami akan mencari solusi, terutama dalam hal-hal kecil. Ini bukan soal kritik secara umum, tapi justru pada detail-detail kecil dalam skema permainan. Saya menyukai para pemain yang ada di tim ini. Kami bisa bangkit bersama-sama,'' ujar juru taktik Chelsea tersebut.

Chelsea memiliki kesempatan untuk kembali ke jalur kemenangan kala menerima lawatan Southampton di Stadion Stamford Bridge pada pekan ke-32 Liga Primer Inggris, Sabtu (9/4/2022) malam WIB.

Meski masih berada di peringkat ketiga klasemen sementara, Chelsea belum sepenuhnya aman untuk bisa finis di empat besar. Pasalnya, Arsenal terus mengintip di peringkat kelima dengan hanya terpaut lima poin dari the Blues.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement