Sabtu 09 Apr 2022 21:41 WIB

Leclerc Kalahkan Verstappen untuk Raih Pole Position Grand Prix Australia

Leclerc mencetak lap terbaik satu menit 17,868 detik lewat upaya terakhirnya di Q3.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Pembalap Ferrari Charles Leclerc.
Foto: AP/Asanka Brendon Ratnayake
Pembalap Ferrari Charles Leclerc.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap Ferrari Charles Leclerc mengklaim pole position Grand Prix Australia pada Sabtu (9/4/2022), setelah mengalahkan catatan waktu Max Verstappen sekaligus mematahkan dominasi Lewis Hamilton pada babak kualifikasi di Sirkuit Albert Park, Melbourne. Sergio Perez di mobil Red Bull kedua akan start dari P3 di depan mobil McLaren Lando Norris.

Leclerc mencetak lap terbaik satu menit 17,868 detik lewat upaya terakhirnya di Q3 demi menggeser Verstappen ke P2 dengan margin 0,286 detik, demikian laman resmi F1. Itu merupakan pole ke-11 di karier sang pembalap asal Monako dan kedua kalinya di musim ini.

Baca Juga

"Terasa menyenangkan. Bahkan karena ini adalah trek di mana saya selalu kesulitan di masa lalu. Di Q3 saya mampu mengerahkan segalanya jadi ini terasa luar biasa, sangat senang. Mobil ini menyenangkan dikendarai, semuanya memungkinkan untuk besok. Kami butuh start yang baik," kata dia.

Sementara itu Verstappen mengatakan, ia mendapati masalah dengan handling sepanjang akhir pekan ini di Melbourne. "Saya tidak merasa cukup baik di dalam mobil sepanjang akhir pekan ini. Saya rasa tidak ada satu lap pun di mana saya merasa nyaman dengan mobil ini. Kami akan mencoba menganalisisnya. Akhir pekan ini berantakan. Tapi senang di tempat kedua, namun sebagai tim kami ingin lebih baik dari ini," kata Verstappen.

Hamilton, yang telah delapan kali menjadi polesitter di Sirkuit Albert Park, termasuk enam kali secara beruntun di sana, akan start dari P5 untuk Mercedes di depan rekan satu timnya, George Russell di baris ketiga. Pembalap tuan rumah Daniel Ricciardo akan start ketujuh setelah McLaren tampil lebih menjanjikan ketimbang performa awal musimnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement