Ahad 10 Apr 2022 00:54 WIB

Shin: Timnas U-19 Harus Belajar dari Kekalahan 1-5 Saat Jajal Pohang Steelers

Timnas U-19 Indonesia tidak bisa mengembangkan permainan sesuai dengan rencana.

Red: Endro Yuwanto
Para pemain timnas U-19 Indonesia merayakan gol ke gawang Pohang Steelers dalam laga uji coba.
Foto: DOK PSSI
Para pemain timnas U-19 Indonesia merayakan gol ke gawang Pohang Steelers dalam laga uji coba.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih tim nasional (timnas) U-19 Indonesia Shin Tae-yong meminta skuadnya belajar dari kekalahan 1-5 saat bersua tim senior klub Liga Korea Selatan (Korsel) K League 1 Pohang Steelers. Kedua tim berjumpa dalam laga uji coba di Daegu, Korsel, Sabtu (9/4/2022).

"Tim yang kami hadapi sangat kuat. Fisik dan tempo permainan mereka bagus. Para pemain ini harus bisa belajar secara keseluruhan aspek dari tim Pohang, mengenai sepak bola yang kuat itu seperti apa," ujar Shin, dikutip dari laman PSSI di Jakarta, Sabtu.

Baca Juga

Menurut juru taktik asal Korsel itu, Pohang Steelers masih terlalu kuat untuk anak-anak asuhnya. Hal tersebut membuat timnas U-19 tidak bisa mengembangkan permainan sesuai dengan rencana.

"Itu sangat disayangkan. Namun, pada babak kedua kami mulai beradaptasi dengan pertandingan. Saya berharap ini bisa dijadikan pengalaman yang baik untuk para pemain," kata Shin.

Adapun satu-satunya gol Indonesia dalam laga kontra Pohang Steelers itu dilesakkan oleh Marselino Ferdinan. Itu menjadi gol kedua Marselino pada laga uji coba di Korea Selatan.

Pesepak bola berusia 17 tahun mengakui partai kontra Pohang Steelers berjalan dengan sulit, terutama pada babak pertama.

"Namun di babak kedua, kami sudah mulai bisa beradaptasi dan tenang dalam memainkan permainan sepak bola kami. Tentu saya bangga dan senang bisa cetak gol melawan tim sekelas Pohang. Kami akan lebih baik lagi ke depannya," ujar Marselino.

Sampai Sabtu (9/4/2022), timnas U-19 sudah menjalani delapan kali pertandingan uji coba di Korsel, sebagai bagian persiapan menuju Piala Dunia U-20 2023. Pada pertandingan perdana, Garuda Nusantara kalah 1-5 dari Universitas Yeungnam, lalu takluk 0-7 dari timnas U-19 Korsel, kemudian menang atas Universitas Daegu 2-1, dan tunduk kembali dari timnas U-19 Korsel dengan skor 1-5.

Namun, Indonesia tak terkalahkan pada tiga laga terakhirnya, yakni menahan seri Gimcheon Sangmu FC 2-2, mengandaskan Pohang Steelers pada pertemuan pertama, 2-0, dan mengalahkan Universitas Kyungil 2-1. Terkini, skuad berjuluk Garuda Nusantara takluk 1-5 dari Pohang Steelers.

Berikutnya, pada Rabu (13/4/2022), timnas U-19 Indonesia akan menjalani pertandingan uji coba terakhir di Korsel dengan menghadapi Daegu FC.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلْيَوْمَ اُحِلَّ لَكُمُ الطَّيِّبٰتُۗ وَطَعَامُ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ حِلٌّ لَّكُمْ ۖوَطَعَامُكُمْ حِلٌّ لَّهُمْ ۖوَالْمُحْصَنٰتُ مِنَ الْمُؤْمِنٰتِ وَالْمُحْصَنٰتُ مِنَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ مِنْ قَبْلِكُمْ اِذَآ اٰتَيْتُمُوْهُنَّ اُجُوْرَهُنَّ مُحْصِنِيْنَ غَيْرَ مُسَافِحِيْنَ وَلَا مُتَّخِذِيْٓ اَخْدَانٍۗ وَمَنْ يَّكْفُرْ بِالْاِيْمَانِ فَقَدْ حَبِطَ عَمَلُهٗ ۖوَهُوَ فِى الْاٰخِرَةِ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ ࣖ
Pada hari ini dihalalkan bagimu segala yang baik-baik. Makanan (sembelihan) Ahli Kitab itu halal bagimu, dan makananmu halal bagi mereka. Dan (dihalalkan bagimu menikahi) perempuan-perempuan yang menjaga kehormatan di antara perempuan-perempuan yang beriman dan perempuan-perempuan yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu, apabila kamu membayar maskawin mereka untuk menikahinya, tidak dengan maksud berzina dan bukan untuk menjadikan perempuan piaraan. Barangsiapa kafir setelah beriman, maka sungguh, sia-sia amal mereka, dan di akhirat dia termasuk orang-orang yang rugi.

(QS. Al-Ma'idah ayat 5)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement