Menu Ramadhan: Resep Ayam Shawarma Street Food Arab

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil

Ahad 10 Apr 2022 12:30 WIB

 Menu Ramadhan: Resep Ayam Shawarma <em>Street Food</em> Arab. Foto:  Shawarma Foto: www.reinyputri.wordpress.com Menu Ramadhan: Resep Ayam Shawarma Street Food Arab. Foto: Shawarma

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Secara umum, shawarma terlihat seperti sandwich atau makanan bungkus biasa. Tapi lebih dari itu, makanan ini merupakan makanan populer yang menjadi jajanan jalanan masyarakat Arab dan juga non-Arab.

Dilansir di Arab News, Ahad (10/4), shawarma biasanya diisi dengan daging seperti daging domba, sapi, atau ayam yang telah diasinkan dan ditumpuk ditusuk seperti sate. Cara memasaknya dipanggang berputar vertikal di depan api, di mana dimasak berjam-jam untuk mendapatkan tekstur lembut dan berair yang sempurna.

Baca Juga

Shawarma diyakini berasal dari Turki pada abad ke-19. Mereka kemudian diadaptasi oleh orang Yunani, yang menyebut hidangan ini dengan sebutan gyro. Dan itulah yang diperkenalkan ke Amerika oleh imigran Lebanon di Meksiko.

Membuat shawarma yang tepat di rumah bisa menjadi tantangan karena peralatan khusus diperlukan. Namun, berikut adalah resep yang meniru rasa dan tekstur makanan jalanan yang populer:

Pertama, tempatkan satu kilogram paha ayam tanpa tulang dalam mangkuk dan tambahkan satu sendok makan ketumbar, satu sendok makan jintan, satu sendok makan kapulaga, satu sendok teh pala, setengah sendok teh cabai rawit, dua sendok teh paprika, tiga sendok makan minyak zaitun, dua sendok makan jus lemon, dan garam dan lada hitam secukupnya.

Kedua, gosok semua bumbu ke dalam ayam dan biarkan meresap selama setengah jam.

Ketiga, ambil dua bawang besar dan tusuk salah satunya dengan tiga tusuk sate, tumpuk paha ayam di tusuk sate dan tutup tusuk sate dengan bawang lainnya. Letakkan ini di atas nampan dan masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya pada suhu 190 derajat selama 40 menit.

Keempat, saat ayam sedang dipanggang, siapkan saus tahini dengan mencampur seperempat cangkir tahini, dua sendok makan jus lemon, dua siung bawang putih (cincang), dan sedikit minyak zaitun bersama-sama dalam mangkuk. Aduk hingga tercampur rata.

Kelima, setelah ayam matang, keluarkan dari oven dan iris tipis-tipis. Letakkan irisan di atas roti pita dan tambahkan mentimun, tomat, dan sayuran hijau untuk hiasan. Tuang saus tahini dan sajikan.

 

Terpopuler