Ahad 10 Apr 2022 12:16 WIB

Siswa SMK Dicegah Ikut Demo 11 April

Muncul ajakan siswa SMK demo dalam gerakan STM Bergerak.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Indira Rezkisari
Siswa SMK.
Foto: Dok SMK Muhammadiyah 2 Muntilan
Siswa SMK.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengeluarkan surat imbauan untuk mencegah peserta didik Sekolah  Menengah Kejuruan (SMK) untuk mengikuti ajakan demonstrasi bertajuk "STM Bergerak". Hal itu ditujukan untuk menjaga keselamatan dan keamanan peserta didik SMK.

"Surat tersebut benar di keluarkan oleh Kemendikbudristek," ungkap Pelaksana Tugas Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbudristek, Anang Ristanto, kepada Republika, Ahad (10/4/2022).

Baca Juga

Berdasarkan surat yang diterima Republika, yakni surat bernomor 0730/D2/DM.03.03/2022, surat tersebut ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barar, DKI Jakarta, dan Banten. Mereka diminta memberi sejumlah informasi kepada para kepala cabang dinas pendidikan dan kepala SMK di wilayah masing-masing.

Pertama, untuk melakukan upaya pencegahan agar peserta didik SMK tidak ikut serta dalam demonstrasi tersebut, yakni "STM Bergerak". Kedua, memastikan presensi kehadiran kepada seluruh peserta didik SMK di masing-masing sekolah pada 11 April 2022.