Ahad 10 Apr 2022 14:12 WIB

Kemenhub Ungkap Alasam Penghentian KA Pangrango Selama 8 Bulan

Ini agar pengerjaan rel ganda sepanjang jalur tersebut cepat selesai.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Kereta Api lokal Pangrango Bogor-Sukabumi akan kembali beroperasi, Ahad (10/4/2022).
Foto: Humas KAI Daop 1 Jakarta
Kereta Api lokal Pangrango Bogor-Sukabumi akan kembali beroperasi, Ahad (10/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan alasan penghentian sementara operasional Kereta Api (KA) Pangrango Bogor-Sukabumi selama lebih dari delapan bulan agar pengerjaan rel ganda sepanjang jalur tersebut cepat selesai.

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri saat meninjau operasional pertama KA Pangrango Bogor-Sukabumi di Stasiun Paledang, Ahad (10/4/2022), mengatakan, banyak pengerjaan konstruksi rel ganda yang harus dilakukan terkait tingkat keamanan bagi semua pihak. "Sementara kalau tidak diberhentikan, memang dulu akan panjang (rel) ini kilometernya. Tapi Alhamdulillah ini sudah kita selesaikan dan kita operasikan ini adalah tahap pertama dari pekerjaan double track Bogor-Sukabumi," katanya.

Baca Juga

Zulfikri menyampaikan pengerjaan rel ganda bertujuan untuk mempercepat waktu tempuh. Dari 11 stasiun yang dilewati KA Pangrango Bogor-Sukabumi mulai dari Stasiun Paledang Kota Bogor hingga Stasiun Sukabumi pada tahap pertama telah menghemat waktu di enam stasiun yakni Stasiun Paledang, Stasiun Batutulis di Kota Bogor, kemudian Stasiun Maseng, Stasiun Ciomas, Stasiun Cigombong di Kabupaten Bogor, dan Stasiun Cicurug Kabupaten Sukabumi.

Operasional KA Pangrango pada tahap pertama ini masih dilakukan pada satu jalur dengan peningkatan kecepatan dan jumlah rangkaian kereta dari lima menjadi delapan rangkaian. Pada rute perjalanan itu, telah mengurangi waktu tempuh dari 4 hingga 6 jam dari Bogor ke Sukabumi, kini hanya 120 menit atau 2 jam.

Kemenhub menargetkan pengerjaan jalur ganda yang sudah 96 persen akan selesai pada akhir April 2022, sehingga pada awal Mei 2022 pengoperasian kereta Pangrango sudah bisa di dua jalur sekaligus Bogor-Sukabumi. Hal ini akan lebih menghemat waktu kembali dari 120 menit menjadi 80 menit dari Stasiun Paledang hingga ke Stasiun Cicurug.

Sementara pemberdayaan kembali atau revitalisasi lima stasiun selanjutnya dari Stasiun Parungkuda, Stasiun Cibadak, Stasiun Karang Tengah, Stasiun Cisaat dan Stasiun Sukabumi di Kota Sukabumi, belum dilakukan karena mengukur jumlah antusiasme warga atau permintaan warga terhadap operasional kereta untuk melayani aktivitas mereka. Zukfikri mengungkapkan, pada rute Stasiun Cicurug ke Stasiun Paledang sudah cukup banyak sejak pagi hari dari pukul 4.00 WIB untuk lanjut ke arah Jakarta.

"Saat ini kita masih konsentrasi Bogor Cicurug. Ya itu tadi pergerakan orang komuter cukup tinggi di Cicurug ke arah Bogor," ungkap dia.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement