Cara Sehat Berpuasa Bagi Orang dengan Maag dan Gerd

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Senin 11 Apr 2022 07:48 WIB

Puasa (ilustrasi). Cara Sehat Berpuasa Bagi Orang dengan Maag dan Gerd Foto: Dok Republika Puasa (ilustrasi). Cara Sehat Berpuasa Bagi Orang dengan Maag dan Gerd

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjalankan ibadah puasa bagi pasein yang memiliki gangguan lambung sungguh tidak menyenangkan. Ibadah menjadi terganggu dan aktivitas harian pun akan sangat tidak nyaman.

Menurut dokter dari Medical Development Specialist Klinik Pintar IDI Vania Utami gangguan pada lambung ini bisa disebabkan karena dua hal, maag atau Gerd (gastroesophageal reflux disease). Perbedaannya, bagi penderita maag, ketidaknyamanan terdapat pada perut bagian atas seperti mendapatkan sensasi terbakar, kembung atau begah, mual dan pera.

Baca Juga

“Orang yang punya maag maka nanti perutnya terasa penuh saat sedang makan padahal porsi makannya normal seperti biasa dia makan,“ ujar Vania.

Sedangkan ketika perutnya dalam kondisi kosong, penderita maag akan merasakan ketidaknyamanan perut sampai ke ulu hatinya yang terasa nyeri. Penderita maag juga kerap lebih sering bersendawa dan buang angin.

“Sedangkan Gerd, mereka merasa dadanya seperti panas dan terbakar. Rasa terbakar ini muncul setelah makan dan biasanya sering muncul ketika malam hari, lalu asam lambung rasanya naik ke kerongkongan,” jelas Vania.

Tetapi tenang, bagi penderita maag ataupun Gerd tidak perlu cemas ketika berpuasa. Melalui channel Youtubenya, Vania Utama membagikan tips cara mencegah asam lambung naik ketika berpuasa.

“Tips ini sebenarnya bisa dilakukan oleh orang yang sehat, tetapi orang dengan maag dan Gerd harus sangat lebih diperhatikan lagi karena kalau salah sedikit saja bisa tiba-tiba kambuh. Jadi penting untuk bisa menerapkan ini selama berpuasa,” ujarnya.