Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deffy Ruspiyandy

5 Keuntungan Menraktir Teman di Bulan Ramadhan

Gaya Hidup | Monday, 11 Apr 2022, 13:13 WIB

Siapapun yang mau berbagi atau memberikan sesuatu kepada orang lain jelas suatu perbuatan yang mulia bahkan diperintahkan oleh Allah. Tentu saja jika dilakukan pada bulan Ramadhan kali ini maka pelakunya akan senantiasa mendapat keuntungan yang sangat luar biasa dan itu diberi kesempatan sampai bulan Ramadhan berakhir.

Nah bagi siapapun yang memiliki kebiasaan mentraktir teman makan atau minum di luar bulan ini maka pada bulan Ramadhan sekarang seharusnya lebih jorjoran karena jelas yang melakukannya takkan pernah rugi yang ada justeru akan menyenangkan hati dan niscaya akan terus menerus ketagihan sebab yang didapat lebih dari biasanya.

Mentraktir orang lain saat Ramadhan banyak memberikan keuntungan bagi pelakunya (FOTO :Retizen.Republika.co.id/Faiz Abdillah@DDJateng)

Pertama, bagi yang bisa melakukannya secara tulus dan ikhlas maka akan mengikis sifat kikir dan serakah. Dengan sering mentraktir teman maka hilang sifat pelit. Di sini bukan berarti boros karena mengeluarkan uang bagi mereka yang berbuka puasa adalah hal yang dieprintahkan Allah. Dengan berbagi maka akan jauh dari sifat serakah yang selalu ingin menimbun harta sebanyak-banyaknya karena harta takkan dibawa mati.

Kedua, bagi mereka yang mentraktir orang-orang pada bulan Ramadhan maka akan dilipatkan pahalanya. Bahkan orang yang mentraktir makan orang yang berpuasa maka akan mendapat pahala sama dengan orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang melakukannya. Jelas ini seharusnya bagi siapa saja untuk mentraktir siapa saja pada bulan Ramadhan kali ini.

Ketiga, bagi yang melakukannya maka apa yang dilakukannya dianggap bersedekah dan bersedekah itu sama dengan mengundang keberkahan dan kembali datangnya rezekinya yang bisa jadi lebih banyak didapatkannya.Artinya, siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. (QS. Al-Baqarah, 245).

Keempat, orang yang terbiasa mentraktir orang lain menandakan jika orang tersebut memiliki rasa kasih sayang dan cinta yang mau diberikan kepada orang lain. Tidak akan mungkin bia peduli dengan orang lain apabila tidak punya rasa cinta yang besar pada dirinya. Orang punya cinta maka akan senatiasa menyayangi orang lain.

Kelima, orang yang terbiasa mentraktir orang lainpunya kesempatan menjadi orang kaya baik dalam arti kaya sesungguhnya atau bisa juga kaya hati. Tentu saja jika Allah memberikan kekayaan maka ia akan terus diberi kesempatan untuk berbagi pada orang lain dan akan memiliki hati yang mulia karena ia akan sennatiasa berusaha menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain.

Demikian lima keuntungan kalau kita mentraktir teman di bulan Ramadhan kali ini. tetapi kebiasaan baik ini jangan hanya berhenti setelah Ramadhan berakhir karena harus terus menerus dilakukan agar semakin kita mendapat keberkahan dan juga diluaskan rezeki karena Allah sangat suka kepada orang-orang yang mau peduli kepada saudaranya.***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image