Selasa 12 Apr 2022 11:02 WIB

Hari Down Syndrome Sedunia, Novakid Berbagi Cerita dari Gwen

Novakid mendukung pemenuhan hak pendidikan untuk semua anak lewat pendidikan inklusi

Red: Gita Amanda
Ngobrol Bareng Gwen menampilkan Gwen sebagai Kid Ambassador Novakid dan Mami Natalia Dessy, ibunda Gwen.
Foto: Novakid
Ngobrol Bareng Gwen menampilkan Gwen sebagai Kid Ambassador Novakid dan Mami Natalia Dessy, ibunda Gwen.

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam rangka memperingati Hari Down Syndrome Sedunia pada 21 Maret, Novakid mengadakan webinar Ngobrol Bareng Gwen, seorang anak down syndrome berusia 6 tahun yang ceria dan penuh semangat. Webinar ini merupakan bentuk pernyataan dan dukungan Novakid terhadap pemenuhan hak pendidikan untuk semua anak melalui pendidikan inklusif.

Ngobrol Bareng Gwen menampilkan Gwen sebagai Kid Ambassador Novakid dan Mami Natalia Dessy, ibunda Gwen. Melalui Ngobrol Bareng Gwen, Dessy membagikan ceritanya dan Gwen, mulai dari suka duka menjadi ibu seorang anak down syndrome, kondisi Gwen saat ini, hingga bagaimana keterampilan Bahasa Inggris Gwen berkembang pesat bersama Novakid.

Gwen dan ceritanya menaklukkan keterbatasan

Sekalipun anak down syndrome tergolong anak berkebutuhan khusus, bukan berarti mereka tidak bisa menggali potensi, belajar mandiri, dan punya segudang prestasi. Gwen adalah contoh nyata anak down syndrome yang mampu belajar dan mengembangkan diri, termasuk kemampuan kognitifnya, dengan baik. “Gwen itu anaknya ceria, ramah, peka, dan sangat peduli pada orang lain. Dia cepat menangkap dan memahami situasi yang terjadi. Misalnya, kalau dia berkenalan dengan orang baru, dia akan bisa menceritakan kembali tentang orang itu. Selain itu, Gwen juga punya kemauan belajar yang sangat tinggi,” tutur Dessy, seperti dalam siaran pers.

Dessy juga mengungkapkan setelah memahami dan menerima kondisi Gwen, ia akhirnya bertekad untuk memberikan pendidikan yang terbaik untuk Gwen. Sejak usia satu tahun, Gwen rutin menjalani berbagai aktivitas seru yang dirancang khusus untuk membantunya mengembangkan diri, seperti terapi wicara, terapi edukatif, dan fisioterapi.

Saat ini, Gwen belajar secara virtual di sebuah TK di Kudus, tempat tinggalnya. Ia pun sedang mempersiapkan diri untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan SD, sehingga ia sedang mempelajari berbagai macam keterampilan, termasuk membaca, menulis, berhitung, dan Bahasa Inggris.

Gwen dan metode belajar ramah anak di Novakid

Perjalanan Dessy mencari media belajar Bahasa Inggris yang tepat untuk Gwen membawanya berkenalan dengan Novakid. Menurut Dessy, untuk anak dengan kondisi spesial seperti Gwen, kelas privat dengan metode pembelajaran yang dipersonalisasi adalah yang paling tepat dan paling ramah anak.

Dengan metode ajar yang disesuaikan dengan kondisi dan kemampuannya, Gwen jadi tidak ketinggalan dan malah bisa menunjukkan perkembangan kemampuan yang pesat. Inilah yang Gwen alami selama tiga bulan belajar Bahasa Inggris bersama Novakid.

Di Novakid, anak belajar Bahasa Inggris melalui metode Total Physical Response (TPR). Dengan metode TPR, guru melibatkan anak dalam berbagai macam aktivitas seru, seperti bergerak bersama, bermain, bercerita atau storytelling, dan bermain peran atau role plays, sehingga anak lebih bahagia saat belajar dan lebih mudah memahami materi.

Selain itu, metode ini juga mudah disesuaikan dengan kondisi setiap anak yang berbeda sehingga mereka bisa merespon pelajaran dengan caranya sendiri. Inilah yang membuat Gwen sangat menikmati belajar Bahasa Inggris dengan Novakid.

“Novakid sudah membantu Gwen dari nol. Saya tidak menyangka progress Gwen bisa secepat ini; Gwen bisa menjadi seperti sekarang. Dalam waktu tiga bulan saja, Gwen sudah bisa merangkai kalimat sederhana dalam Bahasa Inggris saat bicara. Padahal tadinya dia tidak bisa sama sekali,” papar Dessy dengan antusias.

Kemudahan Novakid untuk anak dan orang tua

Selain metode ajar ramah anak, Novakid juga memiliki berbagai kelebihan lainnya. Dessy mengungkapkan bahwa sebagai orang tua, ia sangat mengapresiasi berbagai kemudahan yang diberikan Novakid, mulai dari jadwal yang fleksibel dan mudah diatur, sistem pembayaran yang mudah dan terjangkau, hingga sistem pemilihan guru yang mudah.

Semua guru di Novakid memiliki sertifikasi mengajar internasional dan berpengalaman di bidangnya. Selain itu, Dessy juga mengatakan bahwa user interface aplikasi Novakid patut diacungi jempol karena selain ramah untuk orang tua, juga ramah untuk anak.

Komitmen Novakid terhadap pendidikan yang inklusif

Novakid percaya bahwa semua anak, bahkan mereka yang memiliki keterbatasan, mampu mengembangkan potensi dirinya bila diberikan kesempatan dan dukungan yang tepat. Inilah yang membuat Novakid, sebagai lembaga pendidikan yang inklusif, berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di Indonesia tentang kesejahteraan dan kebahagiaan semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus. Melalui Ngobrol Bareng Gwen, Novakid merayakan semangat anak-anak down syndrome sekaligus membuktikan bahwa #SemuaBisaBarengNovakid.

Untuk informasi lebih lanjut tentang belajar Bahasa Inggris bersama Novakid, harap kunjungi halaman kami. Segera daftarkan buah hati anda dan buktikan kemudahan dari #SemuaBisaBarengNovakid.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement