Ahad 01 May 2022 08:08 WIB

Pengamat Sarankan Modernisasi Tank AMX 13 untuk Perkuat Alutsista

Pengamat sarankan modernisasi Tank AMX 13 untuk perkuat alutsista

Red: Bayu Hermawan
Satu Tank Ringan AMX13
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Satu Tank Ringan AMX13

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik sekaligus Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie, menyarankan pemerintah untuk melakukan modernisasi Tank AMX 13 untuk memperkuat alat utama sistem senjata (alutsista). Ia menilai modernisasi alutsista merupakan hal yang mendesak.

"Reputasi tempur Tank AMX 13 sudah teruji di berbagai negara. Ini menjadi salah satu alasan perlu melaksanakan modernisasi Tank AMX 13 sehingga bisa digunakan sampai 15 tahun ke depan," katanya melalui keterangan tertulis.

Baca Juga

Hal itu disampaikannya mengingat alutsista menjadi hal yang mendesak dan wajib dilakukan oleh Indonesia. Dalam pemanfaatan alutsista yang sudah ada, TNI AD saat ini masih aktif mengoperasikan sekitar 275 unit Tank AMX 13 versi kanon 75 mm dan 105 mm. 

Terutama digunakan oleh beberapa Kodam di Indonesia.Jerry menilai modernisasi Tank AMX 13 sejalan dengan kemampuan pemerintah yang saat ini belum dapat membeli sekaligus tank medium dalam jumlah besar untuk mengganti Tank AMX 13. Sementara, PT. Pindad memperkirakan kapasitas produksi satu unit Tank Harimau memerlukan waktu dua bulan. 

Sehingga, bila mulai diproduksi pada tahun ini maka dalam kurun dua tahun ke depan akan siap sekitar 12 unit Tank Harimau, jelas dia. Menurutnya, suatu langkah realistis melaksanakan modernisasi canggih Tank AMX 13 sehingga bisa digunakan sampai 15 tahun ke depan, termasuk dengan dukungan suku cadang guna mengiringi sejumlah produksi Tank Harimau.

Jerry memaparkan Tank AMX 13 adalah kategori light tank, sedangkan Tank Harimau adalah medium tank. Keduanya memang beda kelas, tetapi bila modernisasi dilaksanakan maka hasilnya akan mendekati kemampuan Tank Harimau. Ditambah lagi, Tank Harimau belum memiliki tank pengangkut personel tentu masih memerlukan Tank AMX 13 APC yang modern dan canggih, ujar dia.

"Kombinasi AMX 13 dan Tank Harimau merupakan ide yang brilian dan cerdas," ujar lulusan American Global University tersebut.

Jerry menambahkan adanya kombinasi AMX 13-Tank Harimau bisa menambah daya gedor dan kekuatan pertahanan RI. Selain itu, juga menjaga stabilitas keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Terakhir, rencana modernisasi dan penguatan TNI adalah suatu keharusan yang berkesinambungan dan akan lebih baik bagi TNI yang telah memiliki kemampuan untuk mengatasi segala ancaman terhadap kedaulatan NKRI.

"Negara kita butuh penambahan alutsista. Tank-tank tempur kita perlu ditambah jumlahnya. Jadi kombinasi AMX 13 dan Tank Harimau akan membuat pertahanan dan kedaulatan negara kita kuat," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement