Selasa 12 Apr 2022 02:50 WIB

Xavi Puji Peran Luuk de Jong Usai Cetak Gol Kemenangan Barcelona atas Levante

De Jong lebih sering diturunkan sebagai pemain pengganti oleh Xavi di Barcelona.

Rep: Rahmat Fajar / Red: Israr Itah
 Pemain Barcelona Luuk de Jong, kanan, merayakan setelah mencetak gol ketiga timnya saat pertandingan sepak bola La Liga Spanyol antara Levante dan Barcelona di stadion Ciutat de Valencia di Valencia, Spanyol,  Senin (11/4/2022) dini hari WIB.
Foto: AP/Alberto Saiz
Pemain Barcelona Luuk de Jong, kanan, merayakan setelah mencetak gol ketiga timnya saat pertandingan sepak bola La Liga Spanyol antara Levante dan Barcelona di stadion Ciutat de Valencia di Valencia, Spanyol, Senin (11/4/2022) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, VALENCIA -- Luuk de Jong menjadi pahlawan kemenangan Barcelona 3-2 atas Levante dalam pertandingan La Liga, Senin (11/4) dini hari WIB. Turun dari bangku cadangan, De Jong mencetak gol kemenangan pada menit ke-90+2. Gol itu merupakan yang ketujuh musim ini atau kelima sejak Xavi Hernandez ditunjuk sebagai pelatih Barcelona.

Xavi pun secara terbuka memuji peran Luuk de Jong di laga tersebut. Ia masuk pada menit ke-84 menggantikan Pierre-Emerick Aubameyang. Tak butuh waktu lama bagi dia untuk  mencetak gol penting. Xavi memuji De Jong sebagai pilihan bagus sebagai supersub.

Baca Juga

“Saya tidak akan mengatakan dia memainkan peran sekunder. Saya senang [untuknya] karena dia adalah contoh untuk semua orang, bagaimana dia berlatih, profesionalismenya, Itu sebabnya kami memiliki tipe pemain seperti ini,” kata Xavi usai pertandingan dilansir dari ESPN.

Xavi menilai pertandingan tersebut berlangsung sulit karena Levante menekan tinggi. Mereka mengajak Barcelona bermain satu lawan satu. Namun  klaim Xavi, timnya bermain lebih baik pada babak kedua meskipun secara keseluruhan belum puas dengan performa tim.

Xavi mengatakan tak menyukai menyembunyikan kelemahan tim. Ia akan mengakui tim memiliki masalah jika memang harus ada yang diperbaiki.

"Meski begitu, kami berkompetisi dan memiliki pemain yang membuat perbedaan, seperti Luuk dan Ter Stegen, jadi saya puas. Ada mentalitas pemenang dan mereka adalah tiga poin emas,” ujarnya.

Barcelona tetap berada di posisi kedua klasemen dengan jarak 12 poin di bawah pemuncak klasemen Real Madrid. Oleh karena itu Xavi merasa memenangkan La Liga musim ini sangat sulit. Madrid, katanya,tak akan tersingkir jika tidak terpeleset dalam dua pekan ke depan.

Barcelona akan melawan Eintracht Frankfurt di leg kedua perempat final Liga Europa, di Stadion Camp Nou, Jumat (15/4) dini hari WIB. Setelah itu, mereka akan menjamu Cadiz di La Liga.

Klasemen La Liga Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement