Selasa 12 Apr 2022 14:04 WIB

Bintik Matahari Luncurkan Bola Plasma ke Bumi

Bintik matahari bisa memicu aurora yang lebih intens di atmeosfer bumi.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Aurora Borealis
Foto: AP Photo
Aurora Borealis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- “Bangkai” bintik matahari meledak Senin (11/4/2022), memicu ejeksi massal material matahari yang menuju ke arah Bumi. Menurut SpaceWeather.com, ledakan itu berasal dari bintik matahari mati yang disebut AR 2987.

Dilansir dari Live Science, Selasa (12/4/2022), ledakan bintik matahari melepaskan banyak energi dalam bentuk radiasi, yang juga menyebabkan coronall mass ejection (CME)-bola bahan peledak bahan surya. Keduanya dapat memicu aurora atau cahaya utara yang lebih intens di atmosfer atas bumi. Materi dalam CME itu kemungkinan akan berdampak pada 14 April, menurut SpaceWeather.

Baca Juga

Bintik matahari adalah daerah gelap di permukaan matahari. Bintik matahari disebabkan oleh fluks magnet yang kuat dari interior matahari. Bintik-bintik ini bersifat sementara dan dapat berlangsung selama berjam-jam hingga berbulan-bulan.

Gagasan bintik matahari “mati” lebih puitis daripada ilmiah, kata Philip Judge, fisikawan surya di High Altitude Observatory di National Center for Atmospheric Research (NCAR). Namun, konveksi matahari memecah bintik-bintik ini, meninggalkan jaluran ombak mereka yang terganggu secara magnetis dari permukaan matahari yang tenang.

“Kadang-kadang bintik matahari bisa ‘restart’, dengan lebih banyak magnet muncul kemudian (hari, pekan) di wilayah yang sama, seolah-olah kelemahan dibuat di zona konveksi, atau seolah-olah ada wilayah yang tidak stabil di bawah permukaan yang sangat baik dalam menghasilkan medan magnet di bawahnya.”

Bintik matahari mengeluarkan suar matahari kelas-C pada pukul 05:21 Waktu Universal Senin (11/4/2022). Suar kelas C cukup umum dan jarang menimbulkan dampak langsung ke Bumi.

Ketika CME menghantam medan magnet di sekitar Bumi, partikel bermuatan dalam ejeksi dapat melakukan perjalanan menuruni garis medan magnet yang berasal dari Kutub Utara dan Selatan serta berinteraksi dengan gas di atmosfer, melepaskan energi dalam bentuk foton dan menciptakan pergeseran, tirai menyilaukan yang dikenal sebagai aurora- cahaya utara dan selatan.

CME yang dirilis Senin (11/4/2022) mungkin menghasilkan badai geomagnetik kecil (G1) pada 14 April, yang berarti bahwa mungkin ada dampak kecil pada operasi satelit dan fluktuasi lemah di jaringan listrik.

Matahari saat ini berada dalam Siklus Surya 25. Jumlah bintik matahari selama siklus ini sedang meningkat dan diperkirakan akan mencapai puncaknya pada tahun 2025, yang berarti lebih banyak peluang untuk badai matahari-dan aurora.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement