Selasa 12 Apr 2022 15:20 WIB

Yaya Toure Sarankan Declan Rice Pindah ke Klub Liga Champions

Declan Rice jadi andalan West Ham dan diberi label harga tinggi untuk klub peminat.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Declan Rice dari West Ham diminati sejumlah klub kaya Inggris.
Foto: AP/Scott Heppell
Declan Rice dari West Ham diminati sejumlah klub kaya Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Legenda Manchester City, Yaya Toure, telah menyarakan kepada Declan Rice untuk pindah ke klub yang bermain di Liga Champions. Rice sangat mengesankan bersama West Ham United dalam dua musim terakhir. Ia membantu the Hammers mencapai perempat final Liga Europa.  

Penampilannya telah membuatnya dikagumi oleh beberapa rival West Ham di Liga Primer Inggris. Dia sekarang dianggap sebagai salah satu gelandang terbaik di papan atas.

Baca Juga

Namun David Moyes secara konsisten menolak saran bahwa West Ham akan membiarkan begitu saja sang kapten pergi. Pelatih asal Skotlandia itu bahkan telah memasang label harga 150 juta poundsterling atau setara Rp 2,8 trliun untuk Rice di tengah meningkatnya perhatian dari klub besar seperti Manchester United dan Chelsea.

Toure, yang memenangkan tiga gelar Liga Primer Inggris bersama Manchester City, percaya bahwa Rice perlu mengambil langkah.  Kemajuan itu,menurut dia, hanya bisa datang jika Rice bermain di Liga Champions.

Saran transfer Toure datang dalam beberapa hari setelah Jack Wilshere memuji Rice sebagai gelandang bertahan terbaik di dunia. Toure tidak mengulangi klaim itu, tetapi mengungkapkan kekagumannya pada pemain internasional Inggris itu.

"Declan Rice menjalani musim yang fantastis. Jujur saja karena saya sangat menyukainya, saya sangat menghormatinya sebagai pemain. Saya telah melihatnya berkembang sejak Pellegrini menjadi pelatih kepala West Ham," kata Toure kepada StadiumAstro, dikutip dari Daily Star, Selasa (12/4/2022).

“Dia melakukannya dengan sangat baik. Mungkin satu musim lagi tetapi saya pikir dia harus pergi ke klub besar pertama, satu langkah lagi, tim Liga Champions misalnya. Di sana dia akan meningkat dan di sana dia akan menjadi yang teratas," ujarnya.

Toure juga menyanjung West Ham telah memaksimalkan potensi Rice. Baginya, David Moyes sebagai pelatih melakukan pekerjaan yang bagus. Meski demikian, Toure juga percaya Rice masih bisa maju.

"Jika dia ingin menjadi yang teratas, saya pikir dia harus melakukannya, yakni pergi ke tim Liga Champions di mana dia bisa membuat lebih banyak dampak," kata Toure.

West Ham saat ini berada di jalur untuk mempertahankan tempat mereka di sepak bola Eropa musim depan dengan duduk di pereingkat keenam Liga Primer Inggris. Mereka akan melakukan perjalanan ke Lyon untuk pertandingan leg kedua perempat final Liga Europa, dengan skor pertemuan pertama 1-1.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement