Selasa 12 Apr 2022 18:15 WIB

Cara Hindari Stres Saat Menstruasi

Pada kondisi stres, produksi hormon-hormon pada tubuh menjadi terganggu.

Red: Dwi Murdaningsih
Menghitung tanggal menstruasi. Ilustrasi
Foto: .
Menghitung tanggal menstruasi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan dr Bram Pradipta Sp.OG menyatakan, stres pada kaum perempuan saat menstruasi bisa diatasi dengan metode self healing. Dokter yang berpraktik di RS Gading Pluit itu mengatakan, pada kondisi stres, produksi hormon-hormon pada tubuh menjadi terganggu, termasuk di antaranya hormon yang berperan dalam proses menstruasi.

"Sehingga akan sangat mungkin ketika kamu sedang mengalami stres, pola menstruasi kamu jadi ikut terganggu," tulis dia dalam siaran pers, Selasa (12/4).

Baca Juga

Bram menjelaskan, gangguan-gangguan tersebut dapat diatasi dengan self-healing yakni sempatkan waktu untuk me time, menghindari makanan pemicu inflamasi seperti dairy, kafein, daging merah dan alkohol. Anda juga bisa melakukan olahraga ringan untuk mencegah stress, kembung dan mengurangi nyeri perut.

Yang tidak kalah penting, Anda perlu menjaga kebersihan area kewanitaan selama menstruasi dengan rutin mengganti pembalut tiga jam sekali. Selain itu juga perlu memilih pembalut aman untuk kulit serta memiliki kandungan ekstrak bahan alami seperti daun sirih yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri agar tidak mudah lembab dan bau.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement