Selasa 12 Apr 2022 18:09 WIB

Dokter Sri Lanka Ingatkan Kekhawatiran Bencana Kematian di Tengah Krisis

Sri Lanka kekurangan obat-obatan.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha
Dokter pemerintah Sri Lanka memprotes pemerintah di dekat rumah sakit nasional di Kolombo, Sri Lanka, Rabu, 6 April 2022. Selama beberapa bulan, warga Sri Lanka mengalami antrean panjang untuk membeli bahan bakar, gas untuk memasak, makanan dan obat-obatan, yang sebagian besar datang dari luar negeri. Plakat bertuliskan
Foto: AP Photo/Eranga Jayawardena
Dokter pemerintah Sri Lanka memprotes pemerintah di dekat rumah sakit nasional di Kolombo, Sri Lanka, Rabu, 6 April 2022. Selama beberapa bulan, warga Sri Lanka mengalami antrean panjang untuk membeli bahan bakar, gas untuk memasak, makanan dan obat-obatan, yang sebagian besar datang dari luar negeri. Plakat bertuliskan

REPUBLIKA.CO.ID, KOLOMBO -- Dokter-dokter Sri Lanka memperingatkan bahwa sejumlah besar penduduk bisa meninggal karena sistem perawatan kesehatan negara di ambang kehancuran. Pemadaman listrik yang melumpuhkan dan kekurangan obat-obatan sangat mengkhawatirkan di tengah krisis ekonomi yang melanda negara itu.

"Semua rumah sakit Sri Lanka berada di ambang kehancuran," kata Dr Senal Fernando, sekretaris di Government Medical Officers Association seperti dikutip laman Aljazirah, Selasa (12/4/2022). "Situasi akan memburuk dalam dua minggu ke depan dan orang-orang akan mulai sekarat jika tidak diambil tindakan sekarang," ujarnya menambahkan.

Baca Juga

Obat-obatan untuk mengobati serangan jantung dan selang untuk membantu bayi yang baru lahir bernapas kekurangan pasokan di seluruh negeri. Sementara pemadaman listrik memaksa dokter di pedesaan Sri Lanka untuk menjahit luka dan mengobati gigitan ular dalam keadaan gelap.

Menurut dokumen internal, situasi rumah sakit di Sri Lanka sangat mengerikan sehingga beberapa rumah sakit telah menangguhkan operasi rutin dan sangat mengurangi jumlah tes laboratorium. Hal ini memaksa dokter, perawat, dan petugas kesehatan lainnya turun ke jalan sebagai protes.

Beberapa juga mendukung gerakan protes yang berkembang yang menyerukan pengunduran diri Presiden Gotabaya Rajapaksa. Setiap kematian pasien karena kekurangan obat dapat mengakibatkan kerusuhan di rumah sakit, Fernando memperingatkan bahwa pemerintah telah gagal untuk mengakui atau transparan tentang tingkat keparahan krisis.

"Pemerintah tidak peduli. Mereka tidak memberi tahu orang-orang apa pun," katanya. Rumah sakit di kota-kota terbesar Sri Lanka telah terhindar dari pemadaman listrik, tetapi beberapa telah diperintahkan oleh pemerintah untuk menangguhkan operasi rutin dan mengurangi tes laboratorium, karena terbatasnya persediaan obat anestesi dan reagen.

Rumah Sakit Pendidikan Karapitiya di kota barat daya Galle mengatakan kepada stafnya dalam memo tanggal 29 Maret untuk membatasi operasi hanya pada kondisi yang mengancam jiwa karena kekurangan neostigmin, obat yang digunakan oleh ahli anestes. Rumah Sakit Pendidikan Peradeniya di Kandy tengah juga sempat menangguhkan operasi rutin pada akhir Maret karena persediaan anestesi yang terbatas, tetapi dilanjutkan kembali setelah Menteri Luar Negeri India S Jaishankar menjanjikan bantuan.

Rumah sakit terbesar Sri Lanka, Rumah Sakit Nasional di ibu kota negara itu, Kolombo membatasi penyelidikan laboratorium sampai pemberitahuan lebih lanjut karena gangguan dalam pasokan reagen kimia. Para dokter juga meningkatkan kewaspadaan atas kekurangan obat-obatan kritis streptokinase dan tenecteplase, yang digunakan untuk mengobati serangan jantung dan stroke.

"Jika Anda pergi ke rumah sakit dengan serangan jantung sekarang, kemungkinan Anda meninggal jauh lebih tinggi daripada beberapa bulan yang lalu,” kata Dr Lakkumar Fernando, presiden Asosiasi Spesialis Medis.

Sri Lanka negara kepulauan berpenduduk 22 juta orang itu tengah digempur krisis keuangan terburuknya dalam beberapa dasawarsa. Ekonomi yang terpukul oleh pandemi COVID-19 telah didorong ke ambang kehancuran, sebagian karena pemerintah Rajapaksa mencelupkan ke dalam cadangan luar negeri negara itu untuk melunasi utangnya.

Dalam waktu kurang dari dua tahun, cadangan tersebut telah anjlok lebih dari 70 persen. Menurut angka bank sentral, itu berdiri di 1,93 miliar dolar AS pada akhir Maret.

Tidak dapat membayar impor penting, termasuk bahan bakar dan obat-obatan, pemerintah telah melakukan pemadaman listrik. Pemerintah juga meminta bantuan Dana Moneter Internasional, serta China dan India.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement