Selasa 12 Apr 2022 22:01 WIB

Polres Ciamis Terjunkan Tim Patroli Khusus Balapan Liar

Balap liar sering dilakukan kelompok pemotor pada waktu subuh.

Red: Ilham Tirta
Balapan liar (ilustrasi).
Foto: Antara
Balapan liar (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Kepolisian Resor Ciamis, Jawa Barat menerjunkan tim khusus dari Satuan Samapta dan jajaran polsek untuk menggelarpatroli khusus menertibkan balapan liar. Balapan ilegal itu seringkali dilakukan kelompok bermotor di sejumlah jalanan wilayah Ciamis.

"Sasaran patroli kami dalam rangka pencegahan timbulnya gangguan kamtibmas di wilayah Kabupaten Ciamis," kata Kepala Satuan Samapta Polres Ciamis, AKP Cecep Edi Sulaeman, Selasa (12/4/2022).

Baca Juga

Ia menuturkan, jajaran Polres Ciamis terus berupaya meningkatkan patroli untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, khususnya di bulan Ramadhan. Upaya yang dilakukan Polres Ciamis, salah satunya Patroli Biru yang rutin dilaksanakan dalam rangka antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat seperti adanya balapan liar di jalanan.

Cecep menyampaikan, sejumlah ruas jalan menjadi perhatian karena sering terjadi balapan liar, seperti di Simpang Empat, Pasar Manis Ciamis. "Simpang Empat, Pasar Manis Ciamis salah satu lokasi yang terindikasi dijadikan sebagai tempat balapan liar," kata dia.

Ia menyampaikan, balapan liar itu seringkali dilakukan kelompok orang bermotor pada waktu subuh. Karena itu, timnya bergerak langsung pada waktu tersebut untuk melakukan patroli.

Ia berharap adanya peran masyarakat untuk bersama-sama dalam menjaga ketertiban dan keamanan dengan segera melaporkan ke polisi apabila ada kegiatan balapan liar. "Kami minta peran aktif masyarakat agar bisa melaporkan kepada petugas ketika terjadi balapan liar, tidak hanya di Simpang Empat, Pasar Manis Ciamis saja tetapi di seluruh wilayah hukum Polres Ciamis," kata dia.

Advertisement
Berita Terkait
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ قَالَتْ رُسُلُهُمْ اَفِى اللّٰهِ شَكٌّ فَاطِرِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ يَدْعُوْكُمْ لِيَغْفِرَ لَكُمْ مِّنْ ذُنُوْبِكُمْ وَيُؤَخِّرَكُمْ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّىۗ قَالُوْٓا اِنْ اَنْتُمْ اِلَّا بَشَرٌ مِّثْلُنَا ۗ تُرِيْدُوْنَ اَنْ تَصُدُّوْنَا عَمَّا كَانَ يَعْبُدُ اٰبَاۤؤُنَا فَأْتُوْنَا بِسُلْطٰنٍ مُّبِيْنٍ
Rasul-rasul mereka berkata, “Apakah ada keraguan terhadap Allah, Pencipta langit dan bumi? Dia menyeru kamu (untuk beriman) agar Dia mengampuni sebagian dosa-dosamu dan menangguhkan (siksaan)mu sampai waktu yang ditentukan?” Mereka berkata, “Kamu hanyalah manusia seperti kami juga. Kamu ingin menghalangi kami (menyembah) apa yang dari dahulu disembah nenek moyang kami, karena itu datangkanlah kepada kami bukti yang nyata.”

(QS. Ibrahim ayat 10)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement