Rabu 13 Apr 2022 10:29 WIB

Produksi Meningkat Berkat Bantuan Program Kampung Zakat Kemenag

Bantuan Kemenag merupakan upaya meningkatkan perekonomian warga sekitar

Red: Gita Amanda
 Kementerian Agama (Kemenag) memberikan bantuan modal berupa mesin jahit kepada kelompok warga Kampung Zakat di Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi.
Foto: Bimas Islam Kemenag
Kementerian Agama (Kemenag) memberikan bantuan modal berupa mesin jahit kepada kelompok warga Kampung Zakat di Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Kementerian Agama (Kemenag) memberikan bantuan modal berupa mesin jahit kepada kelompok warga Kampung Zakat di Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi. Bantuan ini merupakan upaya meningkatkan perekonomian warga sekitar yang mayoritas bekerja sebagai pemulung.

Warga RW 05 Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Bantargebang, Minah Maryamah mengaku produksi usaha terpal dan karung miliknya bertambah dua kali lipat setelah mendapatkan bantuan mesin jahit dari Kemenag.

Baca Juga

"Sebelum ada bantuan mesin jahit ini, produksinya hanya sekitar 2.000 lembar karung dan terpal, sekarang bisa lebih dari 4.000 lembar dalam sebulan," ujar Minah saat dijumpai di kediamannya, Rabu (13/4/2022), dalam siaran persnya.

Minah mengatakan, hasil karung miliknya biasanya digunakan untuk para pemulung mencari sampah plastik di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Sumur Batu. Sementara untuk terpal, lanjutnya, digunakan untuk menjemur sampah plastik yang telah didaur ulang.

"Harganya 3.500 rupiah per lembar, namun untuk yang ambil dalam jumlah besar ada potongan menjadi 3.100 rupiah, biasanya untuk kebutuhan pabrik daur ulang," ungkapnya.

Selain produksi karung jahit dan terpal, Minah juga berjualan paket sembako selama bulan Ramadan. Paket sembako ini berisikan beras, minyak, sirop, gula, tepung terigu, telur, hingga daging ayam. "Alhamdulillah, dengan produksi yang meningkat ini bisa membantu perekonomian keluarga dan sekolah kedua anak saya," tutupnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذْ زَيَّنَ لَهُمُ الشَّيْطٰنُ اَعْمَالَهُمْ وَقَالَ لَا غَالِبَ لَكُمُ الْيَوْمَ مِنَ النَّاسِ وَاِنِّيْ جَارٌ لَّكُمْۚ فَلَمَّا تَرَاۤءَتِ الْفِئَتٰنِ نَكَصَ عَلٰى عَقِبَيْهِ وَقَالَ اِنِّيْ بَرِيْۤءٌ مِّنْكُمْ اِنِّيْٓ اَرٰى مَا لَا تَرَوْنَ اِنِّيْٓ اَخَافُ اللّٰهَ ۗوَاللّٰهُ شَدِيْدُ الْعِقَابِ ࣖ
Dan (ingatlah) ketika setan menjadikan terasa indah bagi mereka perbuatan (dosa) mereka dan mengatakan, “Tidak ada (orang) yang dapat mengalahkan kamu pada hari ini, dan sungguh, aku adalah penolongmu.” Maka ketika kedua pasukan itu telah saling melihat (berhadapan), setan balik ke belakang seraya berkata, “Sesungguhnya aku berlepas diri dari kamu; aku dapat melihat apa yang kamu tidak dapat melihat; sesungguhnya aku takut kepada Allah.” Allah sangat keras siksa-Nya.

(QS. Al-Anfal ayat 48)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement