Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

 

21 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Delapan Juta Liter Zamzam Dibagikan pada Jamaah Masjidil Haram

Rabu 13 Apr 2022 04:31 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Pabrik pengemasan botol air zamzam King Abdullah Bin Abdulaziz di Makkah, Arab Saudi kembali beroperasi sejak tahun lalu. Delapan Juta Liter Zamzam Dibagikan pada Jamaah Masjidil Haram

Pabrik pengemasan botol air zamzam King Abdullah Bin Abdulaziz di Makkah, Arab Saudi kembali beroperasi sejak tahun lalu. Delapan Juta Liter Zamzam Dibagikan pada Jamaah Masjidil Haram

Foto: Saudi Gazette
Delapan juta air Zamzam dibagikan selama 10 hari pertama Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Kepresidenan Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi telah membagikan delapan juta liter air Zamzam kepada pengunjung di Masjidil Haram di Makkah selama 10 hari pertama Ramadhan.

 

Dilansir dari Arab News, Rabu (13/4/2022), delapan juta liter air Zamzam didistribusikan dalam tiga juta botol sekali pakai dan melalui 25 ribu kontainer atau wadah air Zamzam yang tersebar di sekitar masjid, 250 tas punggung yang dibawa oleh karyawan dan 58 gerobak pintar berkapasitas 80 liter dan 33 gerobak khusus untuk keliling dan masing-masing menampung 100 botol. 

Baca Juga

Dikutip dari Saudi Gazette, Kepresidenan telah mengintensifkan pelayanan selama 10 hari pertama bulan suci Ramadhan melalui penerapan sistem pelayanan komprehensif yang bekerja sepanjang waktu. Seperti operasi, transportasi, kendaraan di dalam masjid, pembukaan gerbang masjid, mengatur masuk dan keluar, mengidentifikasi kursus untuk para penyandang cacat, mendistribusikan botol air Zamzam ke tempat-tempat sholat.

Termasuk juga sterilisasi dan pembersihan masjid. Masjid telah dibersihkan 100 kali pada sepertiga pertama Ramadhan oleh 4.000 karyawan. Setiap kali dibersihkan, digunakan 1,3 juta liter desinfektan dan 25 ribu liter wewangian.

Administrasi jasa transportasi meningkatkan kesiapannya untuk melayani pengunjung Masjidil Haram dengan menyediakan lebih dari 5.000 kereta biasa dan 3.000 kereta listrik untuk jamaah umroh dan pengunjung masjid untuk memfasilitasi transportasi mereka. 

Kepresidenan telah merekrut lebih dari 100 pengawas di gerbang Masjidil Haram untuk menerima jamaah dan membimbing mereka ke tempat yang tepat, mengatur keluar masuknya jamaah, dan membimbing jamaah ke tempat sholat. Lebih dari 100 gerbang masjid telah dibuka untuk kenyamanan jamaah.

Lebih dari 100 karyawan telah dikerahkan ke berbagai pintu masuk masjid, yang 100 di antaranya digunakan saat ini, untuk menyambut pengunjung, mengarahkan mereka, mengatur arus massa, dan mendukung personel keamanan dalam mengarahkan orang dari satu bagian ke bagian lain ketika berdoa.

 

 

https://www.arabnews.com/node/2061866/saudi-arabia

https://saudigazette.com.sa/article/619284/SAUDI-ARABIA/8-million-liters-of-Zamzam-distributed-in-Grand-Mosque-during-first-10-days-of-Ramadan

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile