Kamis 14 Apr 2022 01:01 WIB

Bekas Air Mandi Mungkin Bisa Jadi Bahan Bakar Astronaut di Mars

Perusahaan di Spanyol sedang mencari cara mengubah air limbah menjadi bahan bakar.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Foto planet Mars yang diambil dari Mars Reconnaissance Orbiter NASA.
Foto: CNN
Foto planet Mars yang diambil dari Mars Reconnaissance Orbiter NASA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika para astronot berangkat untuk menjelajahi Mars, mereka akan menghadapi sejumlah rintangan. Selain waktu dan energi yang dibutuhkan untuk bepergian ke sana, akan ada bahaya kesehatan yang terkait dengan misi luar angkasa jangka panjang. Ada juga bahaya dari lingkungan Mars itu sendiri. 

Atmosfer Mars yang sangat tipis dan beracun, jumlah radiasi yang tinggi di planet ini, dan fakta bahwa permukaannya sangat dingin dan lebih kering daripada gurun terkering di Bumi hanyalah beberapa dari faktor-faktor ini.

Baca Juga

Akibatnya, misi ke Mars harus bergantung pada sumber daya lokal untuk memenuhi semua kebutuhan mereka. Ini merupakan sebuah prosedur yang dikenal sebagai Pemanfaatan Sumber Daya In-Situ (ISRU). Untuk memenuhi kebutuhan propelan, tim dari perusahaan inovasi Spanyol, Tekniker, sedang mengerjakan perangkat yang mengubah air limbah astronot menjadi bahan bakar menggunakan tenaga surya. 

Di tahun-tahun berikutnya, teknologi ini mungkin menjadi penting untuk misi ke luar angkasa, termasuk Bulan, Mars, dan seterusnya.