Kamis 14 Apr 2022 01:22 WIB

4 Makanan yang Bisa Tingkatkan Kadar Kalsium untuk Tubuh

Kalsium berperan dalam pembekuan darah, mengatur irama jantung dan fungsi saraf.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Susu merupakan salah satu sumber kalsium. Kalsium berperan dalam pembekuan darah, mengatur irama jantung dan fungsi saraf.
Foto: wikimedia
Susu merupakan salah satu sumber kalsium. Kalsium berperan dalam pembekuan darah, mengatur irama jantung dan fungsi saraf.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain menjaga kesehatan tulang dan gigi, kalsium memainkan peran kunci dalam fungsi tubuh lainnya. Kalsium berperan dalam pembekuan darah, mengatur irama jantung dan fungsi saraf yang sehat.

Kekurangan kalsium dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan pada anak-anak dan orang dewasa. Beberapa tanda kekurangan kalsium adalah merasa lelah, menghadapi masalah gigi, kulit kering dan kram otot.

Baca Juga

Dilansir dari Hindustan Times pada Rabu (13/4/2022), kadang-kadang kekurangan kalsium juga diamati karena kekurangan Vitamin D. Vitamin D memfasilitasi penyerapan usus kalsium bersama dengan ion fosfat dan magnesium dan jika tidak ada kalsium makanan tidak diserap secara efisien.

Vitamin D memungkinkan tubuh Anda untuk menyerap kalsium. Kalsium diperlukan untuk membangun tulang, gigi dan bahkan rambut yang kuat. Seseorang harus mendapatkan sinar matahari setidaknya selama 20 menit untuk mendapatkan Vitamin D. 

Berikut terdapat empat sumber kalsium  dari makanan yaitu :

Amla

Amla sangat kaya akan Vitamin C, zat besi dan kalsium. Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk buah mentah, jus atau bubuk. Namun, ahli mengatakan karena amla rasanya asam, tidak dianjurkan untuk orang dengan nyeri sendi.

Kelor 

Daun kelor kaya akan kalsium, zat besi, vitamin A, C, dan magnesium.  Cukup minum satu sendok makan bubuk daun kelor setiap pagi saat perut kosong.  Karena sifatnya yang panas, harus berhati-hati. Olah daun kelor dalam masakan Anda juga bisa.

Biji Wijen

Ambil sekitar satu sendok makan biji wijen hitam atau putih. Konsumsi ini bergizi ini secara teratur untuk meningkatkan kadar kalsium Anda.

Susu

Susu merupakan sumber kalsium terbaik dan mudah didapat yang mudah diserap oleh tubuh.  Segelas susu setiap hari mencegah masalah kalsium Anda. Kadar kalsium normal berkisar antara 8,5 hingga 10,2 mg/dl.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement