Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kemis Pahing

8 Keutamaan Tadarus Al-Qur'an Di Bulan Ramadhan, Panen Pahala

Agama | Thursday, 14 Apr 2022, 01:11 WIB

Bulan Suci Ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat dan berkah. Dalam firman-Nya, Allah menjanjikan pahala yang berlimpah bagi umat Islam bagi mereka yang melakukan perbuatan baik selama bulan Ramadhan.

Salah satu ibadah yang bisa dilakukan selama bulan Ramadhan adalah tadarus Al-Quran. Seperti diketahui, tadarus Al-Quran adalah membaca Al-Quran, termasuk memahami makna yang terkandung di dalamnya.

Tadarus Al-Quran biasanya dilakukan secara berkelompok setelah shalat tarawih pada malam Ramadhan. Namun, ada juga yang melakukan tadarus Al-Quran sendiri. Dengan membaca Al-Qur'an di bulan Ramadhan, Anda akan mendapatkan pahala yang besar dan pahala yang berlipat ganda.

Selain itu, masih ada keutamaan tadarus Al-Qur'an selama bulan Ramadhan. Berikut kelebihan yang telah dirangkum. Baca Selengkapnya...

1. Tadarus Memberikan Ketenangan Hati Dan Pikiran

Umat Islam yang mengamalkan meditasi pada malam Ramadhan akan diberikan ketenangan jiwa oleh Allah SWT, sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwa Nabi SAW bersabda:

“Tidaklah suatu kaum berkumpul di Baitullah [Masjid] untuk membaca Kitab Allah dan mempelajarinya, melainkan pasti turun kepada mereka ketenangan, dilimpahkan rahmat kepada mereka, para malaikat berbondong-bondong mendatangi mereka dan Allah mengingat mereka di depan mata. makhluk yang ada di sisi-Nya” (H.R. Muslim).

2. Rahmat Yang Melimpah Dari Allah SWT

Orang yang membaca Al-Qur'an dijanjikan rahmat yang melimpah dari Allah SWT. Hidup mereka diberi kecukupan dan mendapatkan berkah di dunia dan akhirat, sesuai dengan firman Allah berikut ini:

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka [baik secara sembunyi-sembunyi [atau] terang-terangan, mereka mengharapkan perdagangan yang tidak merugi” (QS. Fathir [35] ]: 29)

3. Dilindungi Oleh Malaikat

Saat melakukan tadarus Al-Qur'an, orang yang membacanya akan mendapatkan perlindungan dari para malaikat, sesuai sabda Nabi Muhammad SAW:

"Orang yang mahir membaca Al-Qur'an akan bersama para malaikat yang mulia dan selalu berbuat kebaikan, sedangkan orang yang membaca Al-Qur'an dalam keadaan terbata-bata dan dia kesulitan [dalam membaca], maka baginya dua pahala. ,” (H.R. Bukhari dan Muslim).

4. Diangkat Gelarnya Di Sisi Allah SWT

Orang yang mengandalkan Al-Qur'an di bulan Ramadhan akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT, sesuai sabda Nabi Muhammad SAW:

“Allah meninggikan sebagian kaum melalui kitab ini [Al-Quran] dan Dia juga merendahkan sebagian orang lain melalui kitab ini,” (H.R. Muslim).

5. Meningkatkan Iman

Kondisi keimanan seorang muslim akan selalu berubah dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga keimanan agar selalu dalam keadaan baik. Salah satu caranya adalah rajin membaca Al-Qur'an. Semakin rajin Anda membaca Al-Qur'an, semakin dekat Anda dengan Allah SWT. Semakin banyak jiwa yang dibangunkan oleh keajaiban Al-Qur'an, dengan keindahan bahasa dan isinya. Rasa takjub ini dapat meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.

6. Syafaat Di Hari Pembalasan

Membaca Al-Qur'an dapat membawa kebaikan dan kemuliaan di hari kiamat. Sebagaimana hadits menyatakan bahwa:

“Bacalah ayat-ayat Al-Qur’an karena sesungguhnya di hari kiamat akan datang memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya,” (HR. Muslim)

7. Dapatkan Banyak Hadiah

Keutamaan lain yang akan Anda dapatkan dari tadarus Al-Qur'an di bulan Ramadhan adalah mendapatkan pahala berlipat ganda. Semua amalan yang dilakukan di bulan Ramadhan ini akan diberikan pahala berlipat ganda oleh Allah SWT, termasuk bacaan Al-Qur'an yang merupakan ibadah yang paling dianjurkan untuk diamalkan, di bulan yang penuh ampunan ini.

Membaca satu huruf Al-Qur'an, akan diganjar dengan 10 keutamaan oleh Allah SWT, sebagaimana diriwayatkan oleh Iman-At Tirmidzi dalam hadits Rasulullah SAW. Oleh karena itu, daripada melakukan aktivitas yang sia-sia, seperti hanya bermalas-malasan, lebih baik meningkatkan pahala dengan rutin melakukan tadarus Al-Qur'an.

8. Berkumpul Di Surga Dengan Malaikat

Hal ini sebagaimana sabda Nabi SAW berikut ini:

“Orang yang mahir membaca Al-Qur’an nantinya (mendapat tempat di surga) bersama para malaikat yang mulia dan taat. Sedangkan orang yang sulit dan berat ketika membaca Al-Qur’an, maka dia mendapat dua pahala.” (HR Bukhari dan Muslim).

Dikutip dari buku Pedoman Ibadah di Bulan Ramadhan terbitan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, tertulis bahwa tadarus Al-Qur'an juga merupakan amalan yang dianjurkan saat berpuasa. Dari Ibnu Abbas r.a. (diriwayatkan bahwa) dia berkata:

“Rasulullah adalah orang yang paling dermawan, terutama di bulan Ramadhan, ketika Malaikat Jibril bertemu setiap malam di bulan Ramadhan, dan mengajaknya untuk membaca dan mempelajari Al-Qur'an. Ketika Jibril bertemu, Rasulullah SAW lebih dermawan dari angin yang meniupnya. 'Kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan. Saya tidak mengatakan Alif Lam Mim satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf'." (HR.Tirmidzi).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image