Kamis 14 Apr 2022 21:15 WIB

Lakukan Tips Merawat Mobil Berikut Ini Kalau Ingin Mesin Mobilmu Tetap Awet

Mobil yang jarang digunakan tidak otomatis akan terus dalam kondisi baik

Red: Gita Amanda
Perlunya merotasikan ban mobil secara berkala, merupakan salah satu tips merawat mobil. (ilustrasi).
Foto: Republika/ Wihdan
Perlunya merotasikan ban mobil secara berkala, merupakan salah satu tips merawat mobil. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Hampir setiap pemilik mobil tentu sudah memiliki aplikasi  bengkel di ponsel masing-masing, untuk mengantisipasi apabila terjadi kerusakan pada mobil sehingga tidak perlu bingung apalagi panik. Meski begitu, kamu tetap perlu tahu apa saja tips merawat mobil supaya mobil kamu tidak sering masuk bengkel.

Nah, tips merawat mobil berikut ini tergolong sangat mudah dilakukan bahkan bagi kamu yang masih pemula dan sama sekali tidak mengerti tentang mesin mobil. Apa saja langkah-langkah perawatannya? Berikut langkah mudah merawat mobil nggak pakai ribet:

1. Rutin panaskan mesin mobil apabila tidak digunakan

Mobil yang jarang digunakan tidak otomatis akan terus dalam kondisi baik dan tidak membutuhkan tips merawat mobil. Justru, ketika tidak digunakan dalam jangka waktu lama, mobil kamu harus dinyalakan selama sekitar 10-15 menit.

Tujuannya adalah untuk memanaskan mesin mobil agar seluruh komponen pada mobil tetap dilumasi dengan baik. Selain itu, dengan memanaskan mobil secara rutin, kamu dapat mengetahui apabila terdapat suara mesin yang tidak normal atau getaran yang dapat mengindikasikan adanya kerusakan.

2. Membersihkan dan menjaga kesegaran interior mobil

Tips merawat mobil agar selalu tampak kinclong adalah secara rutin membersihkan bagian interior mobil dengan vacuum cleaner. Sehingga baik kotoran maupun debu yang menempel akan terangkat dengan maksimal dan tidak meninggalkan aroma tak sedap dalam ruangan mobil.

Setelah membersihkan sampah dan debu yang terdapat dalam mobil, kamu juga perlu menyemprotkan cairan disinfektan agar kuman dan bakteri benar-benar mati total.

3. Membersihkan ruang mesin

Bukalah kap mesin mobil sesekali untuk memeriksa apakah terdapat kotoran atau benda lainnya seperti daun dan sampah di dalamnya. Bersihkan ruangan tersebut dengan hati-hati dan pastikan seluruh komponen masih terpasang dengan baik dan benar.

4. Pastikan kapasitas bahan bakar selalu terisi

Walaupun mungkin kamu jarang menggunakan mobil, jangan biarkan tangki bahan bakar kosong. Pastikan bahan bakar selalu ada karena kamu akan membutuhkannya ketika memanaskan mobil juga tidak perlu repot mencari pom bensin jika suatu saat akan bepergian.

5. Menjaga rotasi ban mobil

Mobil yang diparkir terlalu lama dapat menyebabkan permukaan ban menjadi rata di satu sisi saja atau sering disebut dengan tire flat akibat beban yang cukup lama. Tips merawat mobil agar tidak mengalami masalah seperti itu adalah perlunya merotasikan ban mobil secara berkala.

Luangkanlah waktu beberapa menit untuk membawa mobil kamu berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal. Meski hanya berjalan pada jarak yang relatif pendek, faktanya tips merawat mobil ini cukup ampuh menjaga ban mobil tetap awet.

6. Rajin membersihkan bagian eksterior mobil

Bagian eksterior mobil merupakan area yang paling sering terpapar debu, kotoran, hingga lumpur saat kondisi cuaca sedang hujan. Oleh sebab itu, buatlah pengaturan untuk jadwal mencuci mobil setiap satu minggu sekali atau sesuai kondisi yang dibutuhkan. Kebersihan eksterior mobil sangat menentukan keawetan tampilan warna cat mobil kamu.

7. Jangan lupa untuk memeriksa bagian bawah mobil

Tips merawat mobil tidak cukup hanya memeriksa bagian mesin dan bagian interior mobil saja. Tetapi juga, kamu perlu selalu memantau bagian bawah mobil guna memastikan apakah ada cairan yang menetes yang bisa jadi menunjukkan adanya kebocoran pada salah satu komponen mobil, seperti oli, air radiator, ataupun pelumas rem.

Jika kamu menemukan tetesan cairan tersebut berasal dari bagian bawah mobilmu, jangan menunda untuk membawanya ke bengkel mobil terdekat untuk segera ditangani dengan tepat.

8. Jangan parkir sembarangan

Nah, tips merawat mobil yang terakhir ini juga tidak kalah penting untuk selalu diingat. Tentunya, jika kamu ingin mobilmu selalu terawat, kamu akan memarkirkan mobil di area yang tidak beresiko terjadi benturan atau gesekan dengan kendaraan lainnya.

Selain itu, pertimbangkan juga untuk memilih lokasi parkir yang aman dari kemungkinan terdapat tetesan getah dari pohon, ranting patah, maupun kotoran hewan.

Nah, jangan lupa, tips merawat mobil yang paling wajib kamu lakukan adalah dengan rutin melakukan service di bengkel mobil terdekat. Gak perlu muter-muter nyariin bengkel, di Otoklix kamu bisa lakukan booking service secara online dengan biaya transparan lho!

Otoklix galakkan kampanye merawat mobil

Demi menciptakan kesadaran akan pentingnya merawat mobil kesayangan, Otoklix mau mengadakan challenge dengan tema ‘Mobilmu, Sahabatmu’. Lantas, caranya bagaimana? Berikut adalah langkah-langkahnya:

Cara mengikuti challenge "Mobilmu, Sahabatmu":

Follow Instagram @Otoklix

● Buat video berdurasi maksimal 1 menit

● Unggah ke IG (Instagram) Feeds dalam format Video atau Reels dan / atau TikTok maksimal 8 Mei 2022. Pastikan akunmu tidak di-private dan mention ke @otoklix.

● Video berisi momen berkesan bersama mobilmu, bisa momen menyenangkan atau menyedihkan

● Video harus ada dirimu dan mobilmu

● Tambahkan hashtag #Otoklix #MobilmuSahabatmu dan tag 3 orang temanmu pada caption

Bagi pemenang, Otoklix sudah menyiapkan sejumlah hadiah. Total hadiahnya tidak tanggung-tanggung yakni sebesar Rp 9 juta untuk 3 orang pemenang. Dengan kategori pemenang sebagai berikut:

Juara 1: Rp5.000.000

Juara 2: Rp3.000.000

Juara 3: Rp1.000.000

Lumayan kan kalau menang? Jadi THR tambahan untuk lebaran Idul Fitri tahun ini. Atau bisa juga untuk memberikan perawatan mobilmu mulai dari eksterior, interior hingga mesin.

Yuk ikutan challenge ‘Mobilmu, Sahabatmu’ di media sosial. Ajak keluarga, teman, sahabat dan pacar untuk meramaikan challenge ini. Unggah video sebanyak-banyaknya supaya kesempatan menang semakin besar. Jangan lupa juga untuk mengikuti langkah-langkahnya agar tidak didiskualifikasi.

Cari tahu lebih lanjut mengenai kampanye ‘Mobilmu, Sahabatmu’ di blog Otoklix.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement