Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

10 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Belanja Cerdas dengan Kartu Debit, Begini Bisa Bebas Bangkrut

Sabtu 16 Apr 2022 00:15 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Belanja Cerdas dengan Kartu Debit, Begini Bisa Bebas Bangkrut

Belanja Cerdas dengan Kartu Debit, Begini Bisa Bebas Bangkrut

Belanja Cerdas dengan Kartu Debit, Begini Bisa Bebas Bangkrut

Ketika stres melanda, belanja bisa jadi salah satu alternatif terbaik untuk meredakannya. Namun masalahnya, keinginan belanja ketika stres jadi agak sulit dikontrol. Apalagi saat tak bawa uang tunai, maka kartu debit bakal jadi salah satu senjata utamanya. 

Berkat berbagai promo diskon ataupun cashback yang ditawarkan merchant, tak heran jika berbelanja dengan kartu debit semakin diminati. Tak seperti kartu kredit yang dibuat dengan fitur limit penggunaan, kartu debit justru tidak menerapkan fitur semacam itu. Sehingga, kemudahan ini justru membuat banyak orang kerap lupa, bahkan kalap ketika berbelanja. 

Jika dibiarkan, rencana keuangan yang sudah dibuat dengan matang bakal jadi berantakan. Meski sulit, tapi bukan berarti tak bisa mengontrol diri saat berbelanja dengan kartu debit. Berikut ini beberapa langkah bijak yang bisa kamu terapkan agar jauh dari kata bangkrut. 

 

1. Konsisten dan disiplin

konsisten dan disiplin

Ketika berbelanja menggunakan kartu debit, pastikan untuk bisa konsisten dan tetap disiplin. Sebelum berbelanja, ada baiknya buat daftar belanjaan yang akan dibeli agar kalap mata dan semua masuk keranjang belanja.

Jangan lupa untuk mematuhi daftar belanjaan yang dibuat dan hindari membeli barang yang tak direncanakan sebelumnya. Meskipun saat itu angka di saldo tabungan masih ada, bukan berarti kamu boleh berbelanja sesuka hati, ya!

2. Cek Selalu Sisa Saldo di Rekening

cek saldo rekening

Jangan pernah lupa untuk memeriksa berapa nilai saldo yang ada di rekening tabungan. Lakukan pengecekan secara berkala dengan fasilitas yang biasanya disediakan oleh pihak perbankan secara online, seperti e-banking misalnya. Tujuannya agar kegiatan belanja saat menggunakan kartu debit bisa lebih dikontrol.

Baca Juga: Pahami Lebih Dalam tentang Budgeting dan Beragam Prinsip Dasarnya

3. Punya Kartu Debit Ganda

Kartu debin ganda

Alangkah baiknya ketika kamu punya kartu debit berbeda untuk belanja agar lebih efektif. Lantaran budget yang sudah disiapkan untuk belanja bisa dikontrol dan bisa menghindari pengeluaran yang tumpang tindih. 

Untuk itu, kamu perlu menyisihkan dana secukupnya dalam rekening khusus belanja tersebut dan hanya belanja dengan kartu debit tersebut. 

Bukan sekadar untuk mengendalikan keinginan belanja yang kerap tidak karuan, hal ini bisa jadi langkah efektif saat menghadapi berbagai situasi darurat. Misalnya saja seperti, lupa PIN atau kartu debit terblokir ketika sedang berbelanja. 

4. Pastikan Merchant Tempat Belanja Terpercaya

belanja

Pastikan pembayaran non-tunai dengan kartu debit ini hanya dilakukan di beberapa merchant tertentu dan memang sudah terpercaya. Selain lebih aman, merchant seperti ini biasanya menawarkan banyak penawaran menarik yang sayang untuk dilewatkan. Ketika toko tempat belanja bukan tempat yang tepat, sebaiknya siapkan uang tunai untuk pembayarannya.

5. Jaga Selalu Kerahasiaan PIN Kartu Debit

kartu debit

Meskipun sudah merasa aman karena berbelanja di merchant ternama dan terpercaya, pastikan untuk selalu menjaga kerahasiaan PIN kartu debit tersebut. Terlebih saat memasukkan kode PIN pada mesin EDC yang digunakan. Jika perlu, gunakan tangan sebagai penutup saat memasukan kode PIN tersebut agar tak mudah dideteksi.

Baca Juga: 5 Perasaan yang Mempengaruhi Seseorang Sulit Mengontrol Keuangan

6. Tentukan Limit Penggunaan dengan Jelas

transaksi kartu debit

Penggunaan kartu debit memang tak ada batasannya, jadi penting untuk menentukan limit penggunaannya. Agar bisa lebih disiplin saat menggunakannya, dan mengurangi risiko masalah keuangan jika kebablasan. 

Misalnya, dengan menyiapkan saldo Rp3 jutaan per bulan untuk belanja dan jangan sekali-kali menambahkan saldonya jika belum berganti bulan. 

Selain agar bisa lebih disiplin saat belanja dengan kartu debit, limit bisa menyelamatkan kamu dari kemungkinan pencurian saldo tabungan. Jadi, jangan gegabah dalam menyimpan dana salam satu jenis kartu kredit saja.

Pastikan Kartu Debit Dilengkapi Fitur 3d Secure

kartu debit

Tak ada salahnya untuk memastikan, apakah kartu debit yang digunakan sudah dilengkapi dengan fitur 3D Secure ataukah belum. Kamu bisa menghubungi pihak penerbit kartu debit tersebut untuk memastikannya. 

Biasanya, fitur ini disediakan untuk para pemegang kartu debit tertentu. Seperti kartu debit Mastercard dan Visa, ini untuk memastikan transaksi yang dilakukan memang diotorisasi pemilik aslinya.

Tidak Belanja Sembarangan 

belanja

Tips terakhir yang juga penting dilakukan saat ingin berbelanja menggunakan kartu debit adalah tidak belanja sembarangan. Kamu harus benar-benar memastikan, bahwa barang tersebut adalah barang yang memang dibutuhkan. 

Tidak masalah jika punya keinginan untuk membeli barang selain kebutuhan pokok. Namun alangkah baiknya untuk lebih menahan diri untuk tidak belanja secara impulsif. Pasalnya, tindakan ini bisa jadi kebiasaan yang bakal membuatmu mendapatkan masalah keuangan di kemudian hari. 

Belanja Cerdas dengan Kartu Debit Bukan Hal Sulit

Tak bisa dipungkiri jika belanja dengan kartu debit di era saat ini dibilang memang sangat gampang. Asalkan, saldo rekening mencukupi, semuanya bisa dibeli kapan saja dan dimana saja. Namun bukan berarti kemudahan tersebut dilakukan sesuka hati tanpa pertimbangan. 

Seharusnya, kartu debit bisa menjadi sarana yang memudahkan untuk berbelanja berbagai kebutuhan. Semuanya kembali pada pilihan diri masing-masing, apakah kamu bisa mengendalikan diri atau tidak. 

Selain itu, belanja dengan kartu debit juga tak sepenuhnya aman untuk, itu tetaplah waspada dan berhati-hati, ya. 

Baca Juga: Masalah Keuangan Keluarga yang Paling Sering Terjadi, Apa Saja?

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile