Sabtu 16 Apr 2022 05:10 WIB

Ini Pengertian Deposito Mudharabah, Cara Kerja, Keuntungan, dan Contohnya

Deposito mudharabah adalah layanan simpanan perbankan dengan prinsip bagi hasil.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Ini Pengertian Deposito Mudharabah, Cara Kerja, Keuntungan, dan Contohnya
Ini Pengertian Deposito Mudharabah, Cara Kerja, Keuntungan, dan Contohnya

Demi menyesuaikan kebutuhan masyarakat beragama Islam, tak sedikit perbankan meluncurkan produk dan layanan perbankan dengan sistem syariah. Hal ini dikarenakan bagi masyarakat muslim, cara kerja perbankan yang lekat akan bunga atau riba sangat dilarang dan termasuk sebagai suatu aktivitas yang haram. Karena alasan inilah sistem bunga atau riba tersebut diganti dengan sistem bagi hasil agar mampu memenuhi prinsip syariah dalam produk perbankan.

Tentunya, hal ini membuat beberapa produk perbankan mengalami perubahan cara kerja yang perlu dipahami oleh setiap nasabahnya. Salah satu contohnya adalah layanan deposito pada perbankan syariah yang dikenal dengan nama deposito mudharabah. Secara singkat, yang dimaksud dengan deposito mudharabah adalah layanan simpanan dari perbankan atau lembaga finansial syariah dengan jangka waktu atau tenor tertentu dan mencanangkan prinsip bagi hasil. 

Dengan prinsip tersebut, deposito jenis ini dapat menjadi pilihan investasi jangka pendek yang cocok bagi kamu yang ingin menghindari riba atau bunga. Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan perbankan tersebut, pastikan untuk memahami cara kerjanya lebih dulu. Nah, agar lebih memahami tentang pengertian deposito mudharabah, keuntungan, cara kerja, dan contohnya, simak penjelasan yang telah Cermati rangkum berikut ini. 

Baca Juga: Mengenal Deposito Syariah Dan Manfaatnya