Tol Pejagan-Pealang Diprediksi akan Dilewati 1,2 Juta Pemudik

Red: Agung Sasongko

Jumat 15 Apr 2022 08:25 WIB

Foto udara kendaraan melintas di jalur Tol Pejagan-Pemalang, Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (17/7/2021). Hari kedua penutupan seluruh pintu keluar tol di Jawa Tengah hingga 22 Juli 2021 mendatang di tengah penerapan PPKM Darurat jalur Tol Trans Jawa terpantau sepi. Foto: Antara/Oky Lukmansyah Foto udara kendaraan melintas di jalur Tol Pejagan-Pemalang, Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (17/7/2021). Hari kedua penutupan seluruh pintu keluar tol di Jawa Tengah hingga 22 Juli 2021 mendatang di tengah penerapan PPKM Darurat jalur Tol Trans Jawa terpantau sepi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengelola ruas tol Pejagan-Pemalang, PT Pejagan Pemalang Toll Road (PPTR), memprediksi akan ada 1,2 juta unit kendaraan yang melintasi ruas tol tersebut pada pada arus mudik Idul Fitri 1443 H/Lebaran 2022.

Direktur Utama PPTR Supriyono menyampaikan pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan khusus dalam upaya meningkatkan kondisi badan jalan dan kualitas pelayanan kepada pengguna jalan."Persiapan yang telah kami lakukan meliputi perbaikan main road khusus perkerasan aspal dan pekerjaan Scraping, Filling, Overlay (SFO) yang kami targetkan selesai 15 hari sebelum hari raya," katanya.

Baca Juga

Selama arus mudik dan arus balik berlangsung, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) milik PT Waskita Toll Road (WTR), anak usaha Waskita Karya itu juga menyiagakan tim sapu lubang yang akan stand by untuk perbaikan jika ada kerusakan jalan, serta tim kebersihan jalur.

Selain itu, akan disiagakan pos PAM terpadu, pos kesehatan dan layanan darurat bengkel resmi, serta pos penyedia Bahan Bakar Minyak (BBM) selama 1x24 jam, dan telah disiapkan rambu pengaturan lalu lintas dan rambu informasi lokasi rest area untuk mengantisipasi jika perlu dilakukan contra flow atau one way pada jalan tol.

Selama arus mudik dan arus balik berlangsung, PPTR juga akan menyediakan lajur transaksi tambahan pada gerbang tol, serta menyiapkan mobile reader untuk mengantisipasi antrian kendaraan."Selain penambahan gardu, Kami juga menyediakan kartu tol elektronik perdana, serta fasilitas isi ulang saldo pada rest area maupun gerbang tol untuk mempercepat antrian transaksi," jelas Supriyono.

Beroperasi penuh sejak 2016, ruas tol Pejagan-Pemalang sepanjang 57,5 km merupakan bagian dari ruas tol Trans Jawa.Ruas tol yang menyambungkan area Pejagan, Brebes, hingga Pemalang itu dilengkapi dengan enam Tempat Istirahat Pelayanan (TIP)/atau rest area, yaitu Rest Area KM 252A, KM 275A, KM 287A, KM 294B, KM 282B, dan KM 260B.