Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

 

3 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Libur Nasional, Pengunjung Serbu Kebun Binatang Bandung

Sabtu 16 Apr 2022 06:38 WIB

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Bilal Ramadhan

Petugas berjaga-jaga di depan Kebun Binatang Bandung. Pengunjung serbu Kebun Binatang Bandung saat libur panjang nasional.

Petugas berjaga-jaga di depan Kebun Binatang Bandung. Pengunjung serbu Kebun Binatang Bandung saat libur panjang nasional.

Foto: Edi Yusuf/Republika
Pengunjung serbu Kebun Binatang Bandung saat libur panjang nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Hari libur nasional untuk memperingati wafatnya Isa Almasih yang jatuh pada Jumat (15/4/2022), banyak dimanfaatkan warga untuk berekreasi bersama keluarga, salah satunya ke Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoological Garden).

 

Humas BZG Sulhan Syafi’i mengatakan, setidaknya ada sekitar 500 pengunjung yang mengunjungi kebun binatang pada Jumat. Jumlah ini, kata dia, sudah cukup tinggi dibandingkan jumlah pengunjung di hari-hari biasa, terutama selama ramadhan.

Baca Juga

Mayoritas pengunjung selama libur nasional hari ini, kata Sulhan, berasal dari wilayah Bandung, meskipun adapula sebagian pengunjung yang berasal dari luar Kota Bandung.

“Kalau hari-hari biasa mah selama ramadhan hanya berkisar 200-an lah atau kurang dari 200. Alhamdulillah hari ini sekitar 500 pengunjung,” ujar pria yang akrab disapa Aan itu.

Meski Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kota Bandung telah berada di level dua, namun hingga kini BZG masih menerapkan batasan jumlah pengunjung maksimal 2000 orang. Namun jumlah ini, kata Aan, bisa saja bertambah seiring pelonggaran aturan dari pemerintah.

Selain mengandalkan hari-hari libur nasional, BZG juga memiliki program ‘Berbuka puasa bersama satwa’ untuk menarik pengunjung. Program yang mulai diadakan sejak awal ramadhan tahun ini, Ahad (10/4/2022), kata Aan juga mendapat respon positif dari masyarakat.

“Jadi kita buka malam hari sampai jam 8 malam, nah itu lumayan antusias masyarakat. itu kalau jumlah pengujungnya variatif, ada yang sampai 50 orang, ada yang belasan juga, tapi itu udah lumayan untuk penambahan pengunjung sekaligus menambah tujuan hiburan bagi masyarakat yang anti-mainstrem dan lebih suka berbuka puasa di tempat-tempat yang tidak biasa,” kata Aan.

Adapun lonjakan pengunjung, diprediksikan terjadi saat masa libur panjang hari raya lebaran. Aan memperkirakan sekitar 8.000 pengunjung yang akan memadati kebun binatang Bandung.

Namun sekali lagi, jumlah ini masih jauh dari angka normal pengunjung saat masa-masa liburan panjang yang biasanya mencapai 11 ribu orang hingga 12 ribu orang.

“Kita berharap di lebaran ini bisa melebihi 8.000 tapi itu masih berupa harapan ya, semoga saja karena Kota Bandung sudah level dua, pengunjung jadi lebih ramai,” harapnya.

Sebelumnya, saat masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, pemasukan utama Kebun Binatang Bandung (Bonbin) terjun payung hampir 50 persen dari masa sebelum pandemi.

Meski mengakibatkan penurunan, namun Aan mengatakan kondisi ini jauh lebih baik dibandingkan saat awal pandemi, yang mengharuskan tempat wisata termasuk Bonbin untuk ditutup sementara.

“Saat awal pandemi kita empat bulan ditutup, itu tidak ada pengunjung sama sekali, jadi kita tidak ada pemasukan sama sekali,” ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile