Senin 18 Apr 2022 14:40 WIB

Menteri PUPR: Ada Tiga Prioritas Perbaikan Tol Lampung Hingga Palembang

Menteri PUPR Sebut ada tiga prioritas dalam perbaikan Tol Lampung-Palembang.

Red: Bilal Ramadhan
Sejumlah kendaraan melaju di simpang susun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Kayu Agung-Palembang di Desa Ibul Besar III, Pemulutan, Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, Rabu (13/4/2022). Menteri PUPR Sebut ada tiga prioritas dalam perbaikan Tol Lampung-Palembang.
Foto: ANTARA/Nova Wahyudi
Sejumlah kendaraan melaju di simpang susun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Kayu Agung-Palembang di Desa Ibul Besar III, Pemulutan, Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, Rabu (13/4/2022). Menteri PUPR Sebut ada tiga prioritas dalam perbaikan Tol Lampung-Palembang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan tiga prioritas perbaikan ruas Tol Lampung hingga Palembang menjelang mudik Lebaran 2022. Basuki mengatakan ketiga prioritas itu adalah Pertama perbaikan material jalan tol karena mutu beton mengalami penurunan.

Kedua, perbaikan jalan yang mengalami keretakan dan penurunan akan diperbaiki setelah Idul Fitri untuk menghindari kondisi jalan macet saat arus mudik Lebaran. Kemudian prioritas ketiga, perbaikan jalan yang ditutup dengan lem beton.

Baca Juga

"Memang kondisi ini tidak hanya karena bertepatan dengan arus mudik, tetapi juga menjadi jalan utama masyarakat khususnya untuk pergerakan transportasi dan menopang ekonomi di wilayah Sumatera," ujar Basuki, Senin (18/4/2022).

Lebih lanjut dia menjelaskan pada beberapa segmen jalan tol ini sempat mengalami kerusakan dan secara bertahap dilakukan rekondisi dan rekonstruksi.

Di antaranya seperti perbaikan lapisan perkerasan baru, dicor kembali dengan beton fast setting, lapisan perkerasan dihampar menggunakan asphalt finisher dan dipadatkan, dan lapisan AC-WC baru dihampar dengan asphalt finisher dan dipadatkan.

"Saat ini secara fungsional dari titik nol sampai km 252 sudah baik, siap untuk digunakan untuk mudik Lebaran 2022 mendatang. Sisanya masih ada perbaikan hingga H-10 Lebaran ditargetkan rampung," kata Basuki.

Kementerian PUPR telah berkoordinasi bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya yang mengelola ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 km telah melakukan perbaikan dengan progres 100 persen.

Untuk ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 Km juga telah dikerjakan perbaikan kerusakan dengan progres 90 persen. Seluruhnya dipastikan akan tuntas sebelum H-10 Lebaran.

Selanjutnya BUJT PT Waskita Sriwijaya Tol yang mengelola Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Bentung ruas Kayu Agung-Kramasan sepanjang 38 Km, telah melakukan perbaikan beberapa titik di antaranya km 355+950 dan km 349+900.

Basuki menyampaikan secara keseluruhan ruas tol Bakauheni Lampung hingga Palembang siap untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2022 di Pulau Sumatera.

Sebelumnya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melakukan tinjauan lapangan ke Jalan Tol Trans Sumatera untuk memastikan perbaikan kondisi Jalan Tol dari Lampung hingga Palembang berjalan dengan baik dan dilalui kendaraan dengan aman dan nyaman mendukung pelaksanaan arus Mudik Lebaran 2022.

Ruas Tol yang dilakukan pemeriksaan yakni Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (140 km), Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (189 km), dan Jalan Tol Kayu Agung-Kramasan (38 km).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement