Rasulullah Lebih Dermawan di Bulan Ramadhan 

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko

Selasa 19 Apr 2022 03:33 WIB

Rasulullah Foto:

1

Ustadz Abu Ubaidah menjelaskan, memberi makan untuk orang puasa memiliki beberapa bentuk:
 
1. Mengundangnya untuk makan di rumah
2. Membuatkan makanan dan mengirimkan untuknya
3. Membelikan makanan untuknya. 
 
"Saudaraku, ingatlah saudara-saudara kita yang terdampak bencana covid -19. Saat ini mereka sedang kesusahan dan kesulitan. Maka ulurkanlah tanganmu untuk membantu mereka semampu mungkin," kata Ustadz Abu Ubaidah. 
 
Rasulullah ﷺ bersabda:
 
مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ
“Barang siapa yang membantu menghilangkan kesusahan seorang mukmin di dunia, maka Allah akan menghilangkan kesusahan darinya besok di hari kiamat.” (HR. Muslim (2699)
 
"Terlebih lagi orang kaya, pengusaha, pemerintah, dan bangsawan, hendaknya mereka mengeluarkan hartanya untuk membantu para korban. Dahulu, tatkala terjadi gempa pada masa Kholifah Umar bin Abdul Aziz, beliau menulis surat kepada para gubernurnya untuk bershodaqoh dan memerintah rakyat untuk bershodaqoh," kata Ustadz Abu Ubaidah 
 
"Mari kita saling membantu, saling peduli dan saling bahu membahu gotong royong menanggung cobaan ini sehingga terwujudkan ukhuwwah Islamiyyah di antara kita," lanjut Ustadz Abu Ubaidah. 

 

 

Terpopuler