Senin 18 Apr 2022 22:10 WIB

Putin dan Abbas Bahas Persoalan Rusia-Ukraina Hingga Ketegangan di Yerusalem Timur

Putin dan Abbas membahas tentang negosiasi antara Rusia dan Ukraina.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Dwi Murdaningsih
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas bersama Presiden Vladimir Putin (tengah).
Foto: bbc
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas bersama Presiden Vladimir Putin (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Rusia Vladimir Putin mengadakan panggilan telepon dengan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas. Kremlin pada Senin (18/4/2022) mengatakan, Putin dan Abbas membahas tentang negosiasi antara Rusia dan Ukraina.

"Mereka juga berbicara tentang masalah penyelesaian Timur Tengah dalam konteks meningkatnya ketegangan di Tepi Barat dan Yerusalem Timur", kata pernyataan Kremlin.

 

Pada Jumat (15/4/2022) lalu, sedikitnya 152 warga Palestina terluka dalam bentrokan dengan polisi anti huru hara Israel di dalam kompleks masjid Al-Aqsa. Peningkatan kekerasan ini telah menimbulkan kekhawatiran akan mengarah ke konflik yang lebih luas. 

 

Kemudian pada Ahad (17/4/2022) lebih dari 700 pemukim Israel memaksa masuk ke kompleks Masjid Al-Aqsa di bawah perlindungan polisi yang ketat untuk merayakan liburan Paskah Yahudi selama seminggu, yang dimulai pada Jumat. Hal ini memicu bentrokan yang menyebabkan 17 warga Palestina terluka.

 

Di dalam kompleks Al-Aqsa, terdapat masjid yang menjadi situs tersuci ketiga dalam Islam. Sementara itu, di kompleks tersebut juga terdapat tempat paling suci bagi orang Yahudi, yang disebut sebagai Temple Mount.  

 

Tahun ini hari raya umat Islam, Kristen, dan Yahudi saling bersinggungan. Umat Islam menjalankan puasa Ramadhan. Sementara umat Yahudi dan Kristen merayakan Paskah. Masing-masing jamaah berbondong-bondong hadir di situs suci mereka untuk beribadah, setelah pembatasan Covid-19 dicabut.

 

“Apa yang terjadi di Masjid Al-Aqsa adalah eskalasi yang berbahaya, akibatnya ditanggung oleh pemerintah Israel saja,” kata juru bicara Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Nabil Abu Rdeneh.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement