Selasa 19 Apr 2022 05:14 WIB

3 Artis Muslim yang Puasa dan Tampil di Coachella 2022

3 Artis Muslim yang Puasa dan Tampil di Coachella 2022

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Arooj Aftab
Arooj Aftab

VIVA – Festival musik Coachella 2022 di California, Amerika Serikat tengah berlangsung sejak tanggal 15 sampai 24 April 2022 mendatang. Dalam gelaran tersebut ternyata ada yang menarik perhatian yaitu artis muslim yang melaksanakan puasa walaupun sedang dalam gelaran Coachella 2022. Selain itu, Coachella 2022 ini untuk pertama kalinya dilaksanakan selama masa pandemi Covid-19 merebak sejak tahun 2020. 

Sebelumnya, Coachella 2020 batal lantaran pandemi Covid-19 di Amerika Serikat yang naik secara signifikan. Tahun berikutnya, gelaran festival musik terbesar ini batal lagi walaupun panitia sudah berupaya untuk menjadwalkan ulang hingga merombak susunan penampil dan metode pertunjukannya. Tahun ini, seiring dengan melandainya kasus Covid-19 di seluruh dunia, Coachella kembali berlangsung dengan protokol yang cukup longgar. 

Baca Juga

Hal ini karena festival musik tersebut sebagian besar dilaksanakan di luar ruangan sehingga memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik. Para pengunjung juga bebas berjalan-jalan tanpa harus menjaga jarak dan tidak wajib memakai masker. Walaupun demikian, panitia menyediakan dua tempat fasilitas untuk tes Covid-19. Nah, berikut ini adalah ulasan tentang penyanyi muslim yang berpuasa di tengah gelaran Coachella 2022. 

1. Arooj Aftab

 

Arooj Aftab adalah seorang penyanyi yang berasal dari Pakistan dan berhasil mengejutkan dunia lantaran bisa mendapatkan penghargaan Grammy. Arooj Aftab ini berhasil menyabet piala tersebut dalam lagu Mohabbat untuk kategori Best Global Performance. Penyanyi kenamaan ini juga berhasil mendapatkan perhatian global usai dirinya tampil dalam gelaran musik terbesar di dunia tersebut, Coachella 2022. 

Dalam beberapa karyanya artis muslim yang ikut berpuasa ini juga memadukan tradisi sufi kuno dengan sentuhan folk, jazz, dan minimalis. Lahir dari orang tua Pakistan di Arab Saudi, Aftab menghabiskan masa kecilnya di Lahore sebelum pindah ke Berklee School of Music yang bergengsi di Biston untuk mempelajari teknik musik dan produksi. 

Aftab memang memiliki jam terbang yang tinggi, dibuktikan dengan tampil di beberapa tempat utama New York termasuk Lincoln Center dan Museum of Modern Art, juga pernah menjadi artis pembuka dalam pertunjukan penyanyi Mitski di The Brooklyn Steel pada tahun 2018. 

2. Ali Gatie

 

Ali Gatie merupakan seorang rapper asal Kanada yang juga tampil dalam gelaran festival musik Coachella 2022. Ia lahir di Mississauga, Ontario, Kanada pada tanggal 31 Mei 1997. Orang tua Ali merupakan imigran yang berasal dari Irak dan mempunyai seorang adik perempuan juga laki-laki. Artis muslim yang ikut berpuasa ini mulai berkecimpung di dunia musik sejak tahun 2015. 

Ia kemudian mendapatkan penghargaan RhymeSters song contest yang disponsori oleh label rekaman berbasis online BeatStars. Setahun berlalu, ia kemudian mendapatkan perhatian yang menjadi viral karena lagu berjudul 'Moonlight’. Kemudian di umur 20 tahun, ia mulai mengunggah beberapa lagu online bersama dengan produser seperti Shumxi dan Phantum. 

3. Sama’ Abdulhadi

 

Artis muslim yang ikut berpuasa dan tampil dalam gelaran Coachella 2022 adalah Sama’ Abdulhadi. Ia pertama kali menjadi terkenal di kancah internasional setelah penampilan Boiler Room tahun 2018 yang berhasil mengumpulkan lebih dari 9 juta penonton di YouTube. Bahkan, menjadikannya sebagai salah satu set platform yang paling banyak ditonton. 

Musisi yang lahir di Ramallah ini kemudian menjadi salah seorang DJ Arab yang paling laris setelah Boiler Room yang sukses. Ia kemudian melanjutkan untuk bermain dalam festival seperti Nuits Sonores, IMS, dan Beyond The Valley. Sama’ Abdulhadi dijadwalkan akan tampil di Coachella 2022 pada tanggal 16 dan 23 April 2022. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement