Selasa 19 Apr 2022 12:29 WIB

5 Makanan Padat Nutrisi yang Harus Dikonsumsi

Makanan bernutrisi baik untuk menjaga kebugaran seseorang.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Buncis. Buncis merupakan salah satu makanan padat nutrisi yang membantu kebugaran.
Foto: pixabay.com
Buncis. Buncis merupakan salah satu makanan padat nutrisi yang membantu kebugaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Mengkonsumsi makanan bergizi sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran seseorang. Jika hal ini terus dibiasakan nantinya akan mudah untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Dilansir dari Indian Express pada Selasa (19/4/2022), makanan padat gizi adalah makanan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi sesuai dengan jumlah kalori yang dikandungnya. 

Baca Juga

Berikut lima makanan padat nutrisi yang harus dikonsumsi yaitu : 

Buncis

Buncis adalah sumber protein, folat (vitamin B9), zat besi, seng dan serat. Mengkonsumsi buncis secara teratur bahkan dapat membantu mengimbangi perkembangan beberapa penyakit kronis karena kandungan serat dan proteinnya.

Bayam

Biji-bijian pseudocereal, rendah lemak dengan nilai gizi dan kandungan protein yang luar biasa. Bayam adalah sumber makanan yang berharga. Bayam mengandung zat gizi mikro yang relatif tinggi terutama zat besi, fosfor, magnesium, vitamin A dan E.

Lentil

Lentil mengandung asam amino paling esensial.  Kandungan asam fitatnya (antinutrisi yang menghalangi pencernaan protein) juga lebih rendah daripada kacang-kacangan dan sereal lainnya, menjadikannya sumber protein yang baik. 

Kacang Mete

Kacang mete adalah salah satu kacang yang paling dicintai di seluruh dunia.  Mete mengandung protein dan lemak nabati dalam jumlah tinggi asam lemak tak jenuh yang merupakan sumber protein yang sangat baik. Mete memiliki kepadatan nutrisi yang optimal sehubungan dengan mineral sehat seperti kalsium, magnesium, kalium dan vitamin.

Ragi

Ragi bebas gluten dan kaya protein. Ragi juga kaya akan polifenol dan serat makanan yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement