Selasa 19 Apr 2022 16:15 WIB

Mendikbudristek: Asesmen Nasional Berhasil Ukur Iklim Keamanan Pendidikan

Kemendikbudristek mendapatkan data perundungan kekerasan seksual, dan intoleransi.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ratna Puspita
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim
Foto: ANTARA/Galih Pradipta
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengatakan, Asesmen Nasional (AN) yang baru saja dilakukan berhasil mengukur iklim keamanan dan kebhinekaan pendidikan. Dari AN, Kemendikbudristek mendapatkan data perundungan, kekerasan seksual, dan intoleransi di setiap sekolah. 

"Dari situlah (AN) isu seperti perundungan, kekerasan seksual dan intoleransi mulai dibuka datanya ada per sekolah. Dan darisitulah kita akan memulai (perbaikan)," ujar Nadiem usai menghadiri peluncuran RAN Pijar di Jakarta Selatan, Selasa (19/4/2022). 

Baca Juga

Dia menyatakan, lewat AN pengukuran iklim keamanan dan kebhinekaan untuk pertama kalinya dalam sejarah dapat dilakukan. Mulai dari hasil itu akan ada langkah permulaan dari perubahan karena kalau tidak bisa diukur, maka isu-isu itu tidak bisa perbaiki. 

"Terima kasih sekali lagi kepada Kemenko PMK yang telah mengoordinasi dan juga memberikan target-target yang spesifik untuk bisa mencapai kesejahteraan daripada anak-anak umur sekolah dan remaja," kata dia.