Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image NUR FITRI YULIAWATI

9 Cara Belajar SEO Dengan Mudah

Eduaksi | Tuesday, 19 Apr 2022, 18:42 WIB

Cara Belajar SEO - Hari ini menjadi SEO specialist adalah impian banyak orang. Bagaimana cara menjadi SEO specialist? Nah, ada beberapa cara belajar SEO untuk Anda para pemula.

Baca Pakar SEO Terbaik

Belajar SEO dapat menarik mesin pencari google untuk membuat website Anda ada di halaman prioritas. Dengan mempelajari cara belajar SEO, sedikit demi sedikit cuan mengalir ke kantong Anda melalui website yang Anda miliki.

Pada artikel ini, Kami akan memberi tahu cara belajar SEO agar Anda lebih dekat dan semakin nyata dengan impian Anda.

9 CARA BELAJAR SEO

Memahami SEO dapat menaikkan traffic website Anda, sehingga mesin pencari google dapat menampilkan website Anda pada golongan pencarian pertama. Hal demikian membuat website Anda mudah ditemukan sehingga kunjungan pembaca pada website Anda kian meningkat.

Berikut ini 9 cara belajar SEO mudah bagi pemula :

Pahami Konsep Dasar SEO

Pada dasarnya search engine google memiliki algoritma tersendiri untuk menentukan peringkat setiap informasi yang masuk ke mesin pencarinya. Hingga hari ini google tidak mengumumkan informasi seperti apa yang dapat masuk ke dalam halaman pertama mesin pencarinya. Selain itu algoritma google selalu berubah, maka pengetahuan tentang SEO juga harus uptodate.

Baca Cara Menulis Artikel SEO

Tak hanya itu, belajar SEO bukan semata untuk memposisikan website Anda agar berada di halaman pertama google dan mendapatkan cuan, melainkan menjaga dan mempertahankan pengunjung agar senantiasa tertarik dan melihat website Anda.

Optimasi Kecepatan Website

Belajar meningkatkan kinerja website, agar tidak lemot apalagi lelet sehingga membosankan pengunjung. Idealnya waktu loading sebuah situs adalah kurang dari dua detik, jika lebih biasanya pengunjung akan meninggalkan website Anda.

Cara belajar SEO dengan optimasi kecepatan website ini, Anda dapat menggunakan beberapa tools seperti Google PageSpeed Insight atau GMetrix. Tools ini berguna untuk menganalisis waktu loading di platform, selain itu tools ini memberi rekomendasi langkah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecepatan website.

Lakukan Research Keyword

Research Keyword adalah salah satu teknik untuk mengoptimasi konten. Ketika sebelumnya website sudah clear, maka selanjutnya mengoptimalkan konten yang ada di dalam situs.

Research keyword dilakukan agar konten dapat dengan mudah dibaca mesin google dan relevan yam akaa yang dicari atau diminta user.

Anda bisa menggunakan tool Ubersuggest yang gratis dan cukup populer. Nah saat melakukan research keyword perhatikan 3 hal yaitu

search volume, adalah banyaknya kata kunci yang dicari goolge, misalnya sebuah keyword menampilkan volume 1000 pada tool Anda, berarti dalam kurun waktu tersebut ada 1000 kali kata kunci tersebut dicari user. Semakin tinggi volume, semakin tinggi peluang untuk dapat muncul di halaman pertama google engine.

keyword difficulty, adalah tingkat kesulitan kata kunci. Semakin tinggi keyword difficulty yam aka semakin sulit konten Anda berada di halaman pertama google engine.

keyword suggestions, adalah kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci utama. Misalnya kata kunci utama adalah “Wisata Jogja”, maka biasanya yang muncul di mesin pencarian google yaitu tempat wisata Jogja yang murah, tempat wisata Jogja yang bagus untuk keluarga dan biasanya keyword suggestions muncul dalam bentuk longtail keyword.

Membuat Konten SEO friendly

Buatlah konten-konten yang menarik dan bermanfaat untuk pembaca. Pastikan Anda selalu menghasilkan tulisan yang uptodate dan sesuai keinginan pembaca, misalnya pembaca Anda ingin pergi jalan-jalan ke Bali, buatlah konten tempat wisata di Bali sekaligus rincian biayanya.

Tak lupa pula, Anda harus konsisten membuat konten. Google akan melihat seberapa sering website Anda membuat karya. Selain itu jangan berlebihan meletakkan keyword pada konten, dan tambahkan gambar atau video agar konten Anda semakin menarik minat user.

On Page SEO

On Page SEO maksudnya adalah mengoptimasikan hal-hal yang berkaitan pada bagian dalam website, seperti kata kunci konten, pemeliharaan website, heading dan subheading yang benar, relevansi topik, URL slug, meta title dan meta description hingga beberapa lainnya yang perlu Anda pelajari.

Off Page SEO

Berkebalikan dengan On Page SEO, Off Page SEO justru mengoptimalkan hal-hal yang berkaitan dengan eksternal webstie. Seperti , membangun domain authority, membangun Google Bisnisku, dan hal lain yang berkaitan dengan faktor luar sebuah website.

Local SEO

Cara belajar SEO adalah mempelajari Local SEO. Local SEO memfokuskan pada sesuatu yang dekat berkaitan dengan website Anda. Misalnya website Anda adalah berisi konten-konten bisnis lokal, maka dengan mempelajari lokal SEO, Anda akan lebih mudah menuju peringkat teratas pada pencarian lokal.

Manfaatkan Media Sosial

Media sosial menjadi upaya membangun brand Anda.

Selalu Ikuti Tren SEO

Anda dapat melihat perkembangan SEO di channel youtube Google Search Central.

Nah, itulah 9 cara belajar SEO mudah bagi pemula. Apakah impian menjadi SEO specialist semakin dekat? Intinya jangan pernah menyerah belajar, apalagi berkaitan dengan SEO yang selalu berkembang setiap tahun bahkan bulan. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share. Terima kasih.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image