Selasa 14 Sep 2010 21:16 WIB

Pertamina Siagakan Persediaan BBM Arus Balik

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--PT Pertamina (Persero) siap untuk menyediakan bahan bakar minyak (BBM) yang dibutuhkan masyarakat antara lain pengisian kendaraan para pemudik dalam periode arus balik lebaran tahun 2010 ini.

VP Corporate Communications Pertamina Mochamad Harun, dalam keterangan tertulis yang diterima Selasa (14/9), menyebutkan perusahaan pelat merah itu telah menyiagakan pasokan untuk daerah sentra pemudik baik di sepanjang jalur pantai utara maupun jalur selatan.

Hal itu dilakukan dengan mengoperasikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) selama 24 jam serta menyiagakan pasokan dari depot terdekat dan sejumlah kantong BBM untuk mempercepat pasokan menuju SPBU. Pertamina juga memastikan bahwa stok berbagai jenis BBM yaitu premium, solar, dan minyak tanah, akan tetap aman dan terpelihara pada jumlah tiga juta kiloliter antara lain untuk selama masa arus balik lebaran 2010.

Total stok saat ini sebesar tiga juta kiloliter itu terdiri atas stok premium pada 1,1 juta kiloliter atau 16,3 hari, solar 1,5 juta kiloliter atau 21,8 hari, dan minyak tanah 400 ribu kiloliter atau 48,6 hari. Pada puncak arus balik yang diperkirakan terjadi pada H+6 atau tanggal 17 September 2010, konsumsi premium ditaksir mencapai 86.000 kiloliter per hari.