Ribuan Kendaraan Terjebak Macet di Pelabuhan Gilimanuk

Red: Reiny Dwinanda

Jumat 29 Apr 2022 20:53 WIB

Foto udara kendaraan pemudik yang antre untuk naik ke kapal feri di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, Jumat (29/4/2022). Pelabuhan Gilimanuk Bali dipadati oleh ribuan kendaraan pemudik yang akan menyeberang ke Pulau Jawa pada H-3 Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Foto: ANTARA/Fikri Yusuf Foto udara kendaraan pemudik yang antre untuk naik ke kapal feri di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, Jumat (29/4/2022). Pelabuhan Gilimanuk Bali dipadati oleh ribuan kendaraan pemudik yang akan menyeberang ke Pulau Jawa pada H-3 Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBRANA -- Ribuan kendaraan, khususnya jenis mobil pribadi dan truk, terjebak macet akibat antrean di Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana. Ini merupakan jalur utama mudik Jawa-Bali.

Pewarta Antara di Gilimanuk, Jumat, melaporkan antrean panjang kendaraan mulai terjadi Kamis (28/4/2022) dan berlanjut hingga Jumat sore yang didominasi mobil pribadi. Untuk mengurai antrean tersebut, petugas melakukan rekayasa lalu lintas dengan mengarahkan bus dan kendaraan travel dari jalur utama Denpasar-Gilimanuk ke area parkir dermaga LCM.

Baca Juga

Sedangkan pemudik yang mengendarai sepeda motor diarahkan masuk ke jalan kampung di Gang I. Sementara itu, mobil pribadi masuk ke Gang II dan III di Kelurahan Gilimanuk.

Hingga Kamis malam, antrean kendaraan jenis mobil pribadi dan truk sudah sampai di depan Pasar Gilimanuk, yakni sekitar 1,5 kilometer dari pelabuhan. Anto, salah seorang sopir truk, mengaku sudah antre selama lima jam setelah mengirim barang ke Denpasar dan hendak kembali ke Jawa.