Masjid di Kota Bandung Siap Gelar Sholat Idul Fitri dengan Prokes

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Ani Nursalikah

Ahad 01 May 2022 21:40 WIB

Umat muslim melaksanakan ibadah Shalat Tarawih pertama di Masjid Raya Mujahidin, Jalan Sancang, Lengkong, Kota Bandung, Jumat (1/4/2022). Ilustrasi. Masjid di Kota Bandung Siap Gelar Sholat Idul Fitri dengan Prokes Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA Umat muslim melaksanakan ibadah Shalat Tarawih pertama di Masjid Raya Mujahidin, Jalan Sancang, Lengkong, Kota Bandung, Jumat (1/4/2022). Ilustrasi. Masjid di Kota Bandung Siap Gelar Sholat Idul Fitri dengan Prokes

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dalam hitungan jam, umat Muslim Kota Bandung akan merayakan Idul Fitri. Berdasarkan pantauan, sejumlah masjid di Kota Bandung menyatakan siap menggelar sholat Idul Fitri yang akan digelar Senin (2/5/2022) esok hari.

Sejumlah persiapan juga sudah disiapkan, seperti Masjid Al-Ukhuwah di Jalan Wastukancana misalnya. Ketua Harian DKM Al Ukhuwah Sa’ud Effendi mengatakan, sholat Idul Fitri telah dipersiapkan secara maksimal.

Baca Juga

Ia juga memastikan protokol kesehatan diterapkan ketat mengingat banyaknya umat Muslim yang akan menyelenggarakan sholat Idul Fitri di masjid ini. Masjid yang memiliki kapasitas sekitar 3.000 orang ini diperkirakan akan kedatangan sekitar 1.000 jamaah besok.

“Sudah kami persiapkan dengan sebaik-baiknya, mulai dari kesiapan khatib, kebersihan masjid, tata suara, serta sarana prasarana lainnya. Untuk itu, kami juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat selama proses ibadah berlangsung,” ucap Sa’ud, Ahad (1/5/2022).

Persiapan serupa juga terlihat di Masjid Raya Mujahidin di Jalan Sancang, Kota Bandung. Ketua Badan Takmir Masjid Raya Mujahidin Dikdik Dahlan menyampaikan khusus hari ini, Masjid Raya Mujahidin melalui Lazismu Jawa Barat telah melayani atau menerima zakat fitrah sejak awal ramadhan hingga Senin, 2 Mei 2022 pukul 02.00 WIB.

Hal ini dimaksudkan agar masyarakat yang baru tiba ke Kota Bandung larut malam dan belum sempat membayar zakat fitrah, bisa memanfaatkan layanan zakat yang tersedia di sini.

“Kami buka hingga pukul 02.00 WIB nanti malam, sehingga masyarakat yang belum bayar zakat, bisa kami layani,” ucap Dikdik.

Terkait persiapan sholat Idul Fitri, Dikdik menyebut sudah mempersiapkan secara maksimal. Nantinya, jamaah Masjid Raya Mujahidin akan diarahkan untuk melaksanakan sholat Id di Lapangan Softball Lodaya mulai pukul 06.30 WIB.

“Alternatif jika terjadi hujan, jamaah akan kita pindahkan ke Masjid Raya Mujahidin,” ucap Dikdik.

Adapun kapasitas Masjid Raya Mujahidin mencapai lebih dari 3.000 orang. Dikdik menyebut kapasitas yang besar itu menjadikan Masjid Raya Mujahidin bisa menampung banyak masyarakat Kota Bandung yang hendak melaksanakan sholat Idul Fitri.

“Kalau sholat Jumat itu kapasitasnya 3.000. Nah, saat sholat Idul Fitri ini tentu di atas 3.000. Sehingga mungkin bisa digunakan banyak masyarakat Kota Bandung,” ucapnya.