Kamis 21 Apr 2022 00:27 WIB

Jasa Raharja Gelar Mudik Gratis untuk 20 Ribu Orang

Jasa Raharja gelar mudik gratis untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Bayu Hermawan
Mudik lebaran (ilustrasi)
Foto: Prayogi/Republika.
Mudik lebaran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jasa Raharja menyelenggarakan mudik gratis bagi warga pada Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Direktur Utama PT Jasa Raharja, Rivan A Purwantono mengatakan Jasa Marga menyediakan kuota bagi 20.000 masyarakat secara umum dalam program tersebut.

Perusahaan plat merah itu menyiapkan 100 armada bus dengan kapasitas 5.000 orang dan 24 kereta api dengan kapasitas 15.000 orang guna mengangkut para pemudik. Hal itu disiapkan menyusul prediksi pemerintah bahwa jumlah pemudik mencapai 85 juta orang dimana 40 juta di antaranya menggunakan kendaraan pribadi.

Baca Juga

"Dengan peningkatan mobilitas yang terjadi pada saat lebaran nanti, diharapkan potensi kendaraan pribadi berkurang agar masyarakat dipastikan aman sampai di dalam keluarganya," kata Rivan di Jakarta, Rabu (20/4).

Rivan mengatakan, masyarakat diimbau untuk mengikuti anjuran pemerintah pada saat mudik nanti. Dia melanjutkan, masyarakat diharuskan melakukan vaksin lengkap ditambah booster.

Dia mengatakan, namun Jasa Raharja bersama kementerian perhubungan menyediakan gerai vaksinasi di lokasi pemberangkatan mudik bagi warga yang belum melakukan booster. Dia menjelaskan, langkah ini disediakan guna memudahkan pada pemudik yang ingin pulang ke kampung halaman.

"Ini bisa memudahkan. Sehingga masyarakat dipastikan kondisinya sehat memenuhi seperti apa yang disyaratkan," katanya.

Syarat lainnya yang harus dipenuhi pemudik yakni memiliki sepeda motor dan SIM C, 1 orang pendaftar dibolehkan mengajak maksimal empat orang dewasa (3 tahun ke atas), pendaftar dan calon peserta wajib memiliki hubungan keluarga (dibuktikan dengan KK, surat nikah, atau akta lahir), dan satu orang pendaftar hanya boleh terdaftar 1 kali.

Lebih lanjut, Rivan menerangkan, mudik kali ini berbeda dengan mudik-mudik sebelumnya. Pada masa pandemi peserta mudik wajib melakukan vaksinasi dan menjaga protokol kesehatan. Selain itu, pendaftaran juga dilakukan secara daring seluruhnya.

Pendaftaran bisa melalui aplikasi atau laman resmi Jasa Raharja. Penerapan sistem daring akan mempermudah untuk verifikasi maupun pengurusan tiket.

"Pada saat registrasi atau memasuki bus saat keberangkatan, mesti bisa melakukan check in. Sangat memudahkan untuk mengetahui apakah busnya salah atau tidak," katanya.

Rivan mengungkapkan, pemberangkatan mudik gratis dari Jasa Raharja ini dilakukan pada 27 April 2022 dari Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta untuk armada bus. Sedangkan yang menggunakan kereta api diberangkatkan pada 27 April sampai 1 Mei 2022 dari Stasiun Pasar Senen. 

Adapun, tujuannya meliputi Surabaya, Malang, Jogjakarta, Semarang, Wonogiri via Solo, Sragen via Solo, Kuningan, Cirebon, Purwokerto, Pati, Magelang dan Ngawi-Madiun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement